Sabtu, 18 April 2009

Troubleshooting Speedy


Buat yang berlangganan Speedy, Ada tips utk menghandle sendiri gangguan yang sering terjadi pada koneksi internet Speedy. Dari pengalaman kebanyakan gangguan akses Speedy itu berasal dari sisi CPE (Costumer Premises Equiptment) atau disebut juga kelengkapan di sisi user seperti modem dan splitter hingga kesalahan sepele seperti salah username dan password.


Syarat Utama untuk dapat melakukan hubungan ke speedy adalah pada indikator modem harus menyala lampu power, lampu ADSL /Link, lampu etehernet/ USB.


Lampu power menunjukkan modem berfungsi, bila lampu power mati cek kelistikan, kadang kala kesalahan terjadi saat kabel adaptor modem kendor atau kabel putus, bila kabel adaptor telah dicek dan masih belum nyala cari temen yang menggunakan modem dengan merk dan tipe yang sama coba pasangkan dengan adaptor milik temen, bila masih mati, maaf modem anda rusak. harga modem adsl berkisar 390 - 500 rb tergantung merek.


Lampu adsl menunjukkan koneksi ke telkom, bila lampu ini mati chek saluran telepon anda apakah dapat digunkan atau tidak,bila telp mati kebayakan saluran speedy, bila hal ini terjadi hub 147 ext 3 laporkan saluran telp anda no.xxx mati, akan ada perbaikan dengan sendirinya. Sedangkan bila saluran telp anda dapat digunakan tapi lampu adsl mati maka cek saluran telp yang ada pada modem dengan cara pasangkan telp ke saluran modem dan cek apakah telp bisa digunakan.


Bila tidak bisa digunakan ini menunjukkan saluran ke modem putus, coba cek apakah ada kabel yang putus atau tidak bila tidak ada cek spliter (alat untuk memisahkan saluran telp dengan modem, berbentuk kotak dengan tiga lubang), cek lubang yang bertuliskan modem dan pasangkan telp ke lubang tersebut bila mati berarti spliter anda rusak, harga spliter berkisah 45-50 rb rupiah. alat ini umumnya dpt di peroleh di toko yang menjual alat2 speedy.


lampu atau usb menunjukkan koneksi ke komputer dari modem, bila lampu ini mati menunjukkan ada masalah koneksi dari modem ke komputer, coba lepas kabel dan pasangkan kembali bila masih mati cek apakah lan card sudah di enablekan atau belum, coba cek juga apakah lancard atau usb driver sudah terinstal dengan benar.


Lihat IP modem: Klik Start – Run – ketik cmd (pada Windows XP/Vista), command ( pada Windows 98/2000) lalu muncul halaman command dan ketik ipconfig/all dan enter. Lihat IP Gateway (modem). Misal IP Gateway adalah 192.168.1.1. Gambar berikut menunjukkan display ipconfig/all.






Cek koneksi PC ke modem ADSL: Klik Start – Run, ketik ping 192.168.1.1 -t sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.





Kemudian Cek koneksi PC ke DNS Telkom: Klik Start – Run, ketik ping 202.134.0.155 -t, sehingga muncul tampilan berikut.





Jika Koneksi gagal setelah login speedy dan pesan command tidak sama dengan di atas misal “request time out” atau “destination host unreachable” seperti yang ditunjukkan pada gambar.





Maka lakukan troubleshooting sebagai berikut:

1. Pastikan saluran telepon baik dengan mengangkat pesawat telpon dan mendapat nada dial.

2. Pastikan kabel Ethernet Modem – PC dan kabel modem - telepon terhubung dengan baik. Tidak ada PABX, paralel telepon atau peralatan lain yang terhubung sebelum splitter.

3. Matikan modem dan tunggu sekitar 1 menit, nyalakan kembali dan pastikan lampu ADSL menyala tanpa blinking.

4. Pastikan username dan password sudah benar

Username : No.speedy@telkom.net
Password : xxxxx

5. Jika LAN disable. Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection, Double klik Local Area Connection untuk men-enablekan LAN.

6. ADSL tidak blinking tetapi koneksi PC ke DNS “request time out”. Matikan fitur firewall (lihat user manual modem) di sisi modem, lakukan restart modem ADSL.

7. Pesan DNS masih “request time out” atau tidak mendapat IP. Lakukan setting IP:


a.Pada windows XP

Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection – TCP/IP. Isi kolom TCP/IP berikut:

IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 (Harus sama dengan IP address modem)
Preferred DNS : 192.168.1.1 dan Alternate DNS : 202.134.0.155


b.Pada Windows 98/ME/2000

Klik Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab – TCP/IP Properties. Isi kolom TCP/IP sebagai berikut:

IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Preferred DNS : 192.168.1.1dan Alternate DNS : 202.134.0.155

8. Jika modem hang. Refresh dan Setting ulang modem via menu modem (lihat user manual modem, Note: VPI=8, VCI=81 )

9. Hubungi 147 untuk informasi lebih lanjut.


Nah untuk anda yang berlangganan Speedy berbasis ADSL ini, kalo ada gangguan coba deh ikutin cara-cara ini dan jangan cepat-cepat untuk telp ke 147.




sunmber:speedyeagle.blogspot.com

Solusi Error 720 Pada Koneksi Speedy

1.Bikin icon speedy baru

2.Hapus network service yang ada di windows componen wizard dengan cara masuk start> control panel> add or remove programs> add/remove windows components> cari network services. Hilangkan tanda centang yang ada, restart komputer lalu coba kembali koneksi speedynya.

3.Jalankan netshell comand melalui start> run > cmd> ketik perintah berikut : "netsh int ip reset reset.log"
"netsh int ip reset resetlog.txt"
"ipconfig /flushdns"

restart komputer lalu coba kembali koneksi speedynya.

4.Jika tidak bisa juga coba reinstall driver komputernya.


Jika masih belum bisa juga terpaksa deh komputernya harus diinstal ulang.


sumber: infoawenk.blogspot.com

Speedy


Mulai tgl 1 april ini perusahaan melakukan perubahan, yang pertama penggabungan lokasi unit cpe (Costumer Premises Equiptment) ke unit tdc (test dispatch and close), dimana tdc yang biasanya menepati ruangan cukup luas dengan personil yang hanya 5 orang plus 2 supervisor seorang asman sekarang harus berbagi dengan unit cpe yang berjumlah total 12 orang. Perubahan yang ke dua adalah perubahan jadwal masuk, yang biasanya piket lembur samapi jam 20.00 malam sekarang sampai pukul 22.00 malam, dan itupun hanya masa percobaan karena jika percobaan ini hasilnya positif maka bisa ditingkatkan menjadi pelayanan penuh 24 jam. Beberapa tindakan ke arah itu sudah dimulai, seperti pembuatan kamar istirahat untuk yang jaga malam (nantinya), pemasangan lcd tv bravia sony 32 inch sebagai monitor gangguan speedy dan wireline.

Sehubungan dengan perubahan ini, tentunya unit tdc yang biasanya hanya berkutat masalah komplain dan pasang baru wireline serta speedy harus paham dan mengerti juga mengenai trouble shooting speedy. Selama ini hanya paham mengenai analisa awal penanganan gangguan speedy yang dikirim mmboc lewat 147 sebelum dikirim ke unit penanganan gangguan speedy atau cpe, tetapi sekarang kalau bisa penanganan gangguan tersebut bisa selesai di tdc, tidak perlu di cek oleh cpe. Tentunya untuk gangguan yang bersifat sentral, seperti isolir, binding/unbinding, reset port dslam, setting ulang modem dll karena dapat di tangani langsung by phone, tetapi klo bersifat teknis seperti gangguan ikr, paralel, dropwire, dp dan rk dll mesti di cek ke lapangan.

Untuk piket nanti khusus yang lembur sampai jam 22.00 wib terdiri dari unit tdc, cpe dan pcan masing2 seorang.

Smoga aja masa percobaan ini sukses dan setiap permasalahan dari wireline dan speedy dapat tertangani dengan baik.

Semangat...semangat...semangat.