Kamis, 03 April 2008

10 Tips dalam menulis sebuah tulisan di blog

Berikut ini adalah 10 tips yang bisa membantu kita dalam menulis sebuah blog :

1. Buat pendapat Anda dimengerti orang lain.
Orang-orang menyukai blog, mereka menyukainya dikarenakan blog itu ditulis oleh orang dan tidak berbadan hukum. Orang-orang ingin mengetahui apa yang dipikirkan orang lain. Beritahu mereka apa yang ada dipikiran Anda dengan kata-kata yang mungkin dan masuk akal.

2. Buatlah tautan website sebanyak mungkin
Dukung setiap tulisan Anda dengan merujuk pada website lain yang berhubungan dengan tulisan tersebut.

3. Teruslah menulis
Berikan batas maksimun dari informasi yang akan Anda kemukakan dengan jumlah kata-kata sedikit mungkin. Waktu itu adalah terbatas dan kseibukan orang itu tidak terbatas. Bagi pengetahuan Anda kepada pembaca.

4. 250 kata saja sudah cukup
Tulisan yang panjang itu lebih mudah dilupakan dan lebih sulit untuk menarik info yang kita tulis. Jadi, 250 kata saja sudah cukup.

5. Buatlah sebuah Headline yang rapi dan aktual
Muatlah argumen menyeluruh Anda menjadi sebuah Headline blog. Telaah Koran-koran lokal bagaimana mereka melakukannya.

6. Sertakan tombol pada point-point post Anda
Kita semua menyukai sesuatu yang terdaftar dan terstruktur secara rapi. Dengan struktur ini info yang kita berikan akan dengan mudah dicerna.

7. Buatlah tulisan Anda mudah ditangkap
Setiap paragraf memuat sebuah sub-heading. Buatlah kalimat dan pokok berita agar tidak terlalu panjang dan tepat sasaran.

8. Tetaplah konsisten dengan gaya Anda menulis
Orang ingin mengetahui apa yang Anda harapkan dari tulisan Anda, sekali Anda memiliki gaya menulis untuk pembaca Anda tetaplah menulis seperti itu.

9. Sisipkan setiap post dengan kata kunci
Berpikirlah tentang kata kunci apa yang biasanya orang gunakan untuk mencari sebuah artikel, kemudian sertakan kata kunci tersebut di bagian body text dan headers. Yakinkan bahwa penempatan kata kunci itu tepat pada tempatnya.

10. Perbaiki tulisan Anda
Menulis yang baik adalah memperbaikinya. Sebelum Anda menekan tombol submit (publish), baca kembali post Anda dan hapus bagian-bagian yang tidak begitu penting.(problogger.net)

sumber:telkom.net

Notebook Layar Besar atau Layar Kecil?

Notebook Layar Besar atau Layar Kecil?

Salah satu faktor dalam memilih notebook adalah ukuran layarnya. Biasanya yang paling jadi perhatian dalam memilih layar notebook adalah ukuran layar dan resolusinya.

Layar yang berukuran besar secara umum memiliki resolusi yang tinggi. Tapi, semakin besar ukuran layar tentunya akan membuat ukuran notebook juga semakin besar.

Oleh karena itu, jikia Anda akan sering menggunakan notebook ini di perjalanan atau di tempat umum, tak perlu memilih ukuran layar yang terlalu lebar, karena nanti anda akan kesulitan untuk membawanya.

Sebaliknya, jika Anda akan menggunakan notebook untuk pengganti komputer desktop. Layar yang lebar bisa jadi pilihan yang baik.

Kira-kira pedoman perbandingan ukuran layar dan kegunaan notebook adalah seperti ini:- Mobilitas Tinggi: 13.3" atau yang lebih kecil lagi- Ekonomis: 15" - 17"- Tipis, Ringan: 14" - 15.4"- Pengganti Desktop: 17" atau lebih.

Ketika anda ingin membeli suatu notebook, sebaiknya anda juga memperhatikan resolusi asli layar notebook tersebut. Resolusi rendah (800x600 pixel, misalnya) akan menambilkan gambar dalam ukuran lebih besar, sedangkan resolusi tinggi (misalnya 1600x1200 pixel) akan memberikan gambar yang lebih tajam.

Tampilan yang memiliki ketajaman yang tinggi secara otomatis akan memiliki kualitas gambar yang baik. Namun ukuran huruf yang ditampilkan juga semakin kecil, sehingga akan menyulitkan jika Anda ada masalah dengan penglihatan.

Masih terkait dengan layar adalah prosesor grafis yang digunakan. Prosesor grafis berpengaruh jika notebook akan digunakan sebagai pengganti desktop atau keperluan khusus lainnya, seperti notebook gaming atau multimedia. Prosesor grafis ATI dan NVIDIA adalah pilihan yang cocok untuk keperluan-keperluan tersebut.(detikinet.com)

sumber:telkom.net

Tips Perawatan Layar Notebook

Tidak seperti monitor pada umumnya, layar notebook memang membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra.
Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda manfaatkan.
- Selalu tutup notebook Anda jika tidak sedang digunakan. Jika perlu gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas notebook.

- Jangan pernah menyentuh layar notebook, apalagi dengan benda tajam.

- Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar notebook.

- Saat notebook tertutup usahakan notebook tidak mengalami tekanan. Terutama jangan letakkan benda-benda berat di atas notebook yang tertutup.

- Jangan menutup notebook saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard. Bahkan selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard bisa menjadi penyebab kerusakan layar.

- Jangan menutup notebook dengan cara membanting.

- Untuk membersihkan layar notebook, gunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan layar LCD dari debu.

- Jika sikat tidak cukup, gunakan kain lembut atau tisu yang dibasahi dengan cairan pembersih. Ingat! Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Semprotkan cairan pembersih pada kain dan usap layar perlahan-lahan saat membersihkan.

- Cairan pembersih untuk layar notebook disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama dengan yang digunakan untuk layar kamera digital. Cairan ini biasanya bisa didapatkan di toko penjual perlengkapan kamera (detikinet.com).

sumber:telkom.net

Ayo, Cegah Baterai Laptop Meledak

Kejadian laptop meledak sudah jamak terjadi. Di Amerika Serikat (AS) saja, dilaporkan sudah ratusan kasus laptop meledak, kebanyakan disebabkan oleh masalah baterai. Baru-baru ini, sebuah laptop juga dilaporkan meledak dan terbakar di Korea Selatan.

Untuk mencegah agar baterai laptop tidak meledak dan menimbulkan kerugian, berikut tips dan trik yang diramu detikINET dari Mynetcity, Selasa (15/1/2008).

* Jika baterai melemah dan masa operasinya berkurang drastis, lebih baik langsung membeli baterai baru. Jangan coba-coba memperbaiki baterai yang sudah rusak untuk dipakai kembali.

* Selalu pastikan bahwa Anda memakai baterai yang asli dari penjual resmi. Jika baterai asli saja dilaporkan banyak yang meledak, apalagi dengan baterai palsu.

* Jangan mengisi ulang baterai Anda lebih dari 8 jam. Mengisi ulang baterai terlalu lama dilaporkan beresiko menimbulkan ledakan.

* Jika baterai sudah penuh saat diisi ulang, pilih salah satu saja, memakai daya listrik atau baterai saat Anda ingin menggunakan laptop.

* Pakailah charger pengisi ulang yang kompatibel dengan baterai Anda. Charger yang tidak sesuai akan meningkatkan resiko overheating.

* Jangan letakkan notebook di area yang dapat menjadi sangat panas, misal di bagasi mobil atau di bawah terik matahari.

* Selalu ikuti perkembangan berita teknologi, misalnya di situs berita online. Biasanya jika terjadi masalah pada baterai laptop, vendor laptop tersebut akan melakukan penarikan besar-besaran. Jika Anda mengikuti perkembangan dan kebetulan laptop Anda bermasalah, Anda bisa mengikuti prosedur yang sudah ditentukan misalnya penukaran baterai.(detikinet.com)

sumber:telkom.net

Bagaimana Memilih Baterai Notebook?

Baterai memang komponen penting dalam notebook. Sebagus-bagusnya notebook, jika tidak ditunjang dengan baterai yang tahan lama itu percuma saja. Karena, keunggulan notebook adalah dapat digunakan di mana saja, kapan saja.

Namun, ini bukan berarti Anda harus selalu mencari notebook yang baterainya mampu bertahan selama-lamanya tanpa diisi ulang. Selain belum ada teknologi baterai seperti itu, pemilihan daya tahan baterai notebook bisa disesuaikan dengan penggunaan.

Sebagai patokan saja, sebuah notebook paling tidak harus bisa bertahan selama 2 jam tanpa menggunakan AC Adapter untuk pemakaian normal. Jika di bawah itu, Anda patut memikirkan kembali pilihan Anda.

Perlu jadi pertimbangan juga bahwa penggunaan fasilitas seperti Wifi atau Bluetooth akan meningkatkan konsumsi baterai. Oleh karena itu, salah satu trik untuk menghemat baterai adalah mematikan fungsi-fungsi tersebut.

Jika perlu, pilihlah notebook yang memungkinkan dipasangnya baterai tambahan. Biasanya baterai tambahan bisa dipasangkan pada media bay notebook jenis tertentu.(_www.detikinet.com)

sumber:telkom.net

Tips dan Trik Membasmi Virus

Membasmi virus tanpa antivirus? Gimana caranya tuh? Simak langkah-langkah umum berikut dalam membasmi virus:

1. Nonaktifkan System Restore.FasilitasSystem Restore pada Windows berguna untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidakkembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian Turn off System Restore on All Drive.

2. Matikan proses virus. Bagaimanapun caranya, matikan proses virus. Biasanya proses virus memilikiikon berupa folder atau dokumen MS Word. Gunakan aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine, dan sebagainya.

3. Pulihkan registry.Pulihkan registry yang telah diotak-atik oleh virus. Jika tidak, maka virus dapat menginfeksi komputer Anda lagi. Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

4. Hapus file-file virus.Gunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus.

5. Munculkan file-file yang disembunyikan virus.Virus pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen kita. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan perintah attrib -s -h pada Command Prompt untuk memunculkannya kembali.

6. Saran terakhir untuk pencegahan. hati-hatilah saat melakukan transferdata baik melalui disket, USB Flash Disk, maupun dari jaringan. Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer. Selain itu, jangan mudah tergoda oleh file-file dengan nama yang menggoyahkan iman(himakomedia.wordpress.com)

sumber:telkom.net

Cara Aman Bertransaksi On-Line

Dengan kemajuan teknologi internet, memungkinkan kita melakukan transaksi jual beli tak terbatas ruang dan waktu secara mudah dan cepat. Ada beberapa sarana pembayaran yang dapat digunakan, misalnya credit card, e-gold, evo cash, e-bullion atau internet banking.Namun seringkali kita merasa takut dan khawatir untuk melakukan transaksi secara online, mengingat ada banyak berita mengenai pembobolan kartu kredit, penyalah gunaan kartu kredit, dsb. Berikut ini saya mencoba memberikan beberapa tips yang dapat meminimalkan peluang terjadi hal tersebut :
1. Usahakan agar anda tidak menggunakan komputer publik seperti di warnet dsb.Komputer publik, terlebih lagi di warnet, tidak menutup kemungkinan sang pemilik ataupengelolanya mengaktifkan script-script yang ditugaskan untuk mencatat atau memata-matai apa yang anda lakukan. Saat ini juga sudah ada banyak hardware khusus yang dihubungkan pada kabel keyboard yang akan mencatat semua yang anda ketikkan melalui keyboard tersebut (keyloger). Dengan komputer pribadi, anda dapat secara rutin melakukan pemeriksaan pada hardware anda, apakah ada hardware baru yang terpasang tanpa sepengetahuan anda. Selain itu rutinlah untuk melakukan pembersihan terhadap script trojan dan cookies (ada banyak program untuk melakukan hal ini yang dapat diperoleh secara gratis dan tidak melanggar UU HAKI).
2. Apabila anda tidak sedang dalam keadaan online (connect to ISP) awasilah modem anda. Apabila lampu indikator send / receive data pada modem anda berkedip-kedip, anda perlu waspada. Hal tersebut dapat merupakan tanda-tanda kerusakan modem atau ada yang berusaha mengirim data anda pada saat tidak online (biasanya saat online, script semacam itu akan numpang untuk mengirim data anda). Matikan saja modem anda saat tidak online atau rutinlah untuk melakukan pembersihan trojan & cookies.
3. Jangan memberikan nomor kartu kredit anda kepada seseorang yang tidak anda kenal. Ada email yang berisi penawaran untuk melakukan pendebitan otomatis dari account kartu kredit anda dengan harga yang sangat murah.
4. Biasakanlah dan jadikanlah suatu keharusan untuk selalu mengklik tombol logout, logoff atau sign out pada account internet banking atau account keuangan online anda lainnya.
5. Bila memungkinkan, mintalah jaminan dari pihak bank penerbit kartu kredit anda untuk selalu melakukan konfirmasi secara real time (langsung kepada anda melalui telepon) apabila ada transaksi pembelanjaan melalui kartu kredit anda. Cara ini sangat amat aman, namun banyak bank yang tidak mau melakukannya.

sumber:telkom.net

istilah kompi

Ini adalah daftar dari sebagian kecil istilah-istilah ataupun singkatan yang kerap kita temui di dalam dunia perkomputeran. Bahan bacaannya adalah Linux Mandrake User Guide, selain dari bacaan yang lain. Istilah-istilah di sini sebagian besar adalah istilah di dalam UNIX OS dan klonnya termasuk GNU/Linux. Karena tulisan aslinya berbahasa Inggris, saya mau memberitahukan bahwa pengetahuan bahasa Inggris saya tidak bagus, sehingga pasti ada kata-kata yang keliru di dalam penulisannya.

--------------------------------------------------------------------------------
Istilah di sini disusun sesuai dengan abjad dan jauh dari lengkap (silahkan ditambahi/koreksi ):
APM, Advance Power Management, fasilitas yang digunakan BIOS untuk membawa sistem ke mode stanby setelah mesin tidak aktif beberapa waktu.
ASCII, American Standard Code for Information Interchange, Kode standard yang digunakan untuk mengatur karakter, termasuk mengontrol karakter pada komputer.
BSD, Barkeley Software Distribution, suatu variasi dari UNIX OS yang dikembangkan oleh Bagian Komputer Universitas Barkeley. BSD ini dikenal memiliki kemampuan teknikal yang lebih baik dan memiliki inovasi-inovasi di dunia perkomputeran secara umum dan Unix secara khusus.
CHAP, Challenge-Handshake Authentication Protocol, yaitu protokol yang digunakan ISP untuk membuktikan klien mereka sah atau tidak.
CIFS, Common Internet FileSystem, pendahulu dari file sistem SMB, digunakan pada sistem DOS.
DHCP, Dynamic Host Configuration Potocol, protokol yang di desain untuk mesin jaringan lokal agar secara dinamis mendapatkan sebuah alamat IP dari server DHCP.
DMA, Direct Memory Access, fasilitas yang digunakan pada arsitektur PC dengan mengizinkan periferal untuk membaca dan menulis dari memory utama tanpa bantuan CPU. Periferal PCI menggunakan bus mastering dan tidak membutuhkan DMA. DMA bermanfaat untuk mengurangi beban CPU sehingga suatu proses dapat diselesaikan dengan lebih cepat. DNS, Domain Name System, digunakan dalam internet. Mekanisme ini memetakan nama domain ke sebuah alamat IP, sehingga kita dapat melihat suatu site dengan nama domain tanpa mengetahui alamat IP dari site itu.
DPMS, Display Power Management System, yaitu protokol yang digunakan oleh monitor-monitor modern untuk mengatur fasilitas penghematan energi. Monitor yang mendukung fasilitas ini umumnya disebut "green monitor".
ELF, Executable and Lingking Format, ini adalah format biner yang digunakan oleh distribusi-distribusi GNU/Linux sekarang ini. ext2, kependekan dari extended 2 filesystem, yaitu file sistem utama GNU/Linux, memiliki semua karekteristik dari file sistem Unix yaitu : mendukung file-file spesial (charakter devices, symbolic links,...), permisi file serta kepemilikan dan sebagainya.
FAQ, Frequently Asked Question. Dokumen yang berisi pertanyaan dan jawaban tentang suatu topik tertentu. Sejarahnya, FAQ muncul di newsgroup, kemudian muncul di banyak website dan bahkan beberapa produk komersial memiliki FAQ sendiri.
FAT, File Allocation Table, filesistem yang digunakan oleh DOS dan Windows. Windows 95 ke bawah masing menggunakan FAT 16, kalo Windows 98 dan Me menggunakan FAT 32 (bisa juga FAT 16), sedangkan Windows NT menggunakan NTFS (New Technology File System), Windows 2000 menggunakan NTFS atau NTFS 5. FAT merupakan tabel dari file-file yang berada di dalam harddrive.
FDDI, Fiber Distributed Digital Interface, sebuah lapisan fisik berkecepatan tinggi, yang menggunakan serat optik untuk berkomunikasi. Hanya digunakan untuk jaringan besar, itu karena harganya yang mahal.
FHS, Filesystem Hierarchy Standard, sebuah dokumen yang mengandung petunjuk untuk organisasi file yang saling berhubungan pada sistem Unix.
FIFO, First In, First Out, pemipaan Unix adalah salah satu contoh dari FIFO.
FTP, File Transfer Protokol, adalah protokol standard internet yang digunakan untuk mengirim file-file dari satu mesin ke mesin yang lain.
GFDL, The GNU Free Documentation License, ini adalah lisensi yang berlaku pada dokumentasi Distribusi GNU/Linux.
GIF, Graphics Interchange Format, suatu format file gambar yang digunakan dalam pembuatan web.GIF bisa saja sudah terkompres atau ber-animasi. Karena masalah hak cipta, adalah ide buruk untuk menggunakannya, segera gantikan dengan format PNG. GNU, GNU's Not Unix, proyek GNU diprakarsai oleh Richard Stallman pada awal tahun 1980 dengan tujuan pada pengembangan suatu sistem operasi yang gratis. Kernel Linux memakai produk dari GNU , diantaranya c compiler (gcc) dan lisensi GNU (GPL).
GPL, General Public License, lisensi dari GNU yaitu tidak melarang untuk menggandakan, merubah dan mendistribusikan program, selama kode sumbernya ikut disertakan. Kernel GNU/Linux yang ditulis oleh Linus Torvalds (dengan dibantu oleh programmer lain di dunia) menggunakan lisensi ini.
GUI, Graphical User Interface, antarmuka grafis ke komputer, memiliki jendela-jendela dengan menu, tombol, ikon dan sebagainya. Sebagian besar orang lebih menyukai GUI dari CLI karena pemakaiannya yang mudah.
HTML, Hypertext Markup Language, bahasa yang digunakan untuk membuat dokumen web. HTTP, Hyper Text Transfer Protokol, protokol yang digunakan untuk menyambung ke website dan menerima dokumen HTML ataupun data-data.
IDE, Integrated Drive Electronics, bus PC yang digunakan untuk harddisk saat ini. Suatu IDE bus dapat mengandung lebih dari 2 alat dan kecepatan bus dibatasi oleh alat yang memiliki kemampuan antrian data yang lambat (bukan transfer data yang lambat). IP masquerading, adalah firewall untuk menyembunyikan alamat IP yang sebenarnya dari daerah luar. Pendeknya segala sambungan jaringan dari luar dibuat di luar firewall akan meninggalkan alamat IP firewall. Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana kita mungkin memiliki koneksi internet yang cepat dengan hanya satu alamat IP, tetapi menggunakan lebih dari satu komputer yang memiliki alamat IP internal.
IRC, Internet Relay Chat, sebagian kecil standard internet untuk percakapan secara langsung. Membolehkan pembuatan channel, percakapan private dan juga penukaran file. DALnet, Undernet, EFnet adalah sebagian kecil dari server IRC. IRC channels, adalah "tempat" di dalam server IRC di mana kita dapat mengobrol dengan orang lain. Channels dibuat di server IRC dan user bergabung ke channel itu agar dapat berkomunikasi dengan yang lain.
ISA, Industry Standard Architecture, bus pertama kali yang di gunakan di PC, lebih lambat dibandingkan dengan bus PCI. Beberapa pabrik hardware masih menggunakannya. Sebagian SCSI card (sayangnya) masing menggunakan ISA.
ISDN, Integrated Service Digital Network, suatu standard komunikasi kabel tunggal atau serat optik untuk membawa suara, layanan jaringan digital dan video. Didisain untuk menggantikan sistem telepon saat ini, yang dikenal sebagai PSTN (Public Switched Telephone Network) atau PTOS (Plain Ole Telephone Services). Secara teknik ISDN adalah circuit switched data network.
ISO, International Standards Organization, sebuah grup dari perusahaan, konsultan, universitas dan sumber-sumber lain yang membuat suatu ukuran standard untuk berbagai masalah, termasuk dalam perkomputeran. Contoh : ISO 9660 adalah filesistem yang digunakan oleh CDROM.
ISP, Internet Services Provider, suatu perusahaan yang menjual akses internet kepada pelanggannya, apakah itu melalui kabel telephon ataupun kabel sambungan langsung (leased line) dengan nomor IP tetap.
JPEG, Joint Photographic Experts Group, salah satu format file gambar yang sangat sering digunakan di dalam pembuatan halaman web.
LAN, Local Area Network, suatu jaringan dari mesin-mesin yang saling terhubung satu dengan lainnya melalui kabel fisik.
LDP, Linux Documentation Project, organisasi yang menangani dokumentasi GNU/Linux. Dokumen ini lebih dikenal dengan nama HOWTO, tetapi FAQ dan beberapa buku-buku turut juga mereka tangani.
MBR, Master Boot Record, adalah nama bagi sector pertama dari harddisk yang dapat di boot. MBR berisi kode yang digunakan untuk me-load sistem operasi ke memori atau untuk bootloader (seperti LILO) dan tabel partisi dari harddisk tersebut.
MIME, Multipurpose Internet Mail Extension, yaitu string yang menjelaskan mengenai isi dari suatu file yang dilampirkan di sebuah e-mail.
MPEG, Moving Pictures Experts Group, kompresi standard untuk video dan audio. Sayangnya lisensi format ini sangat terbatas sehingga masih belum ada suatu MPEG players yang Open Source ?.
NCP, NetWare Core Protokol, suatu protokol yang didefinisikan oleh Novell untuk meng-akses Novell NetWare dan printer yang tersambung ke server Novell NetWare..
NFS, Network FileSystems, filesistem jaringan yang diciptakan oleh Sun Mycrosystems untuk membagi file melalui jaringan dalam suatu arah yang transparan.
NIC, Network Interface Controller, adapter yang terpasang di dalam komputer yang menyediakan sambungan fisik ke jaringan, seperti kartu ethernet. NIC juga dikenal dengan LAN Card.
NIS, Network Information Services, NIS juga dikenal sebagai "yellow pages", tetapi British Telecom tetap memegang hakcipta atas nama tersebut. NIS adalah suatu protokol yang didisain oleh Sun Microsystem untuk membagi informasi umum melalui suatu domain NIS, yang dapat menyatukan seluruh LAN, bagian dari LAN atau beberapa LAN. NIS dapat mengekspor database, menyediakan database, informasi-informasi dan banyak lagi.
PAP, Password Authentication Protocol, yaitu protokol yang digunakan oleh ISP untuk membuktikan kebenaran dari klien mereka. Pada bagian ini klien mengirim suatu pengenal/password kembar ke server yang tidak di enkripsi.
PCI, Peripheral Components Interconnect, bus yang dibuat oleh Intel dan merupakan standard bagi bus PC sekarang ini. Selain PC ada juga yang menggunakannya. Ini adalah keberhasilan dari ISA yang menawarkan banyak layanan : pengenalan peralatan, berbagi IRQ, bus mastering dan banyak lagi.
PCMCIA, Personal Computer Memory Card Internasional Association, umumnya disebut orang "PC Card", ini adalah standard untuk kartu eksternal yang ditambahkan ke Notebook seperti modem, harddisk, memory, ethernet card dan banyak lagi.
PNG, Portable Network Graphics, format file gambar yang diciptakan untuk pembuatan halaman web, didesain sebagai pengganti GIF dengan penambahan kemampuan lain. PNG memiliki lisensi yang gratis.
PnP, Plug 'n Play, berfungsi untuk menambahkan informasi konfigurasi peralatan. Seluruh perangkat yang bertipe PCI memiliki fasilitas PnP ini.
POP, Post Office Protocol, protokol umum yang digunakan untuk mendapatkan dan menampung e-mail sehingga kita dapat mendownload-nya terus membaca e-mail tersebut secara offline, penghematan dana ujung-ujungnya :-)
PPP, Point to Point Protocol, ini adalah protokol yang digunakan untuk mengirim data melalui kabel serial. Umumnya digunakan untuk mengirim paket IP ke Internet, tetapi bisa juga untuk protokol lain seperti Protokol Novell IPX.
RAID, Redundant Array of Independent Disk, suatu proyek yang diprakarsai oleh bagian komputer Universitas Barkeley, yaitu suatu metode penyimpanan data yang memungkinkan keamanan (backup) yang lebih baik dan pembacaan/penulisan yang lebih cepat. RAID adalah metode pengganti SCSI yang murah. Untuk menggunakan fasilitas ini pada motherboard harus ada kontroller RAID, kalau tidak ada maka ditambahakan melalui kartu RAID. Setelah itu RAID baru dapat digunakan bila kita memiliki dua buah atau empat harddisk yang sama besar.
RAM, Random Access Memory, istilah yang digunakan untuk memory fisik komputer. "Random" maksudnya setiap bagian dari memory dapat digunakan secara langsung.
RFC, Request For Comments, RFC adalah dokumen standard resmi internet, dipublikasikan oleh IETF (Internet Engineering Task Force). Jika anda ingin mempelajari bagaimana suatu protokol berkerja, gunakan yang sesuai dengan RFC.
RPM, Redhat Package Manager, suatu format yang dikembangkan oleh Redhat, Inc untuk membuat paket software, RPM banyak digunakan dalam distribusi-distribus GNU/Linux (termasuk SuSE).
SCSI, Small Computer System Interfaces, tidak seperti IDE, SCSI bus tidak terbatas pada kecepatan peralatan. Hanya mesin-mesin kelas atas yang sudah mengandung SCSI secara langsung, untuk PC harus ada penambahan kartu SCSI. Perangkat yang menggunakan SCSI ini harganya jauh lebih mahal dari perangkat yang menggunakan IDE ataupun USB.
SMB, Server Messages Block, protokol yang digunakan oleh komputer untuk berbagi file dan berbagi print melalui jaringan.
SMTP, Simple Mail Transfer Protocol, ini adalah protokol untuk memindahkan e-mail. Agen pemindahan email seperti sendmail atau postfix menggunakan SMTP.
SVGA, Super Video Graphics Array, standard penampilan video yang ditetapkan oleh VESA untuk arsitektur PC. Resolusinya adalah 800 X 600 X 16 (color).
TCP, Transmission Control Protocol, ini adalah protokol paling stabil yang menggunakan IP untuk mengirim paket jaringan. TCP menambahkan pemeriksaan yang penting pada IP untuk memastikan paket itu sudah sampai atau belum. Tidak seperti UDP, TCP berkeja pada mode tersambung, yang artinya dua mesin harus mengadakan sambungan sebelum bertukar data. URL, Uniform Resource Locator, suatu kalimat dengan format istimewa yang digunakan untuk mengenali suatu sumber di internet dengan cara yang unik. Sumber tersebut bisa berupa file, sebuat server ataupun hal lain. contoh : protocol://server.name[:port]/path/to/resource Ketika hanya satu nama mesin yang diberikan dan protokolnya adalah http://, maka file yang dibaca adalah index.html di server.
VESA, Video Electronics Standard Association, suatu perkumpulan industri di arsitektur PC. VESA adalah penulis standard SVGA.
WAN, Wide Area Network, jaringan ini memiliki kesamaan dengan LAN yaitu dengan menyambungkan komputer pada jaringan yang secara fisik tidak menggunakan kabel yang sama dan dipisahkan oleh jarak yang jauh. Internet adalah sebagian dari WAN. account, dalam sistem Unix, yaitu merupakan kombinasi dari nama, direktori pribadi, password dan shell yang membolehkan seseorang untuk nyambung ke sistem tersebut. alias, mekanisme yang digunakan di dalam shell untuk menggantikan satu kata untuk kata yang lain. Contoh : alias cls=clear Bila anda mengetikkan perintah ini maka yang dilaksanakan shell adalah clear. Agar suatu setting dapat terus digunakan, tambahkan perintah tersebut di /etc/profile (dengan akses root).
ARP, Address Resolution Protocol, protokol internet yang secara dinamis memetakan alamat internet ke alamat fisik hardware pada LAN. ARP ini terbatas kepada hardware yang mendukung broadcasting. assembly language, adalah bahasa program yang sangat dekat dengan komputer, karena itulah disebut bahasa pemrograman tingkat rendah "low level". Assembly memiliki kemajuan kecepatan semenjak program ini ditulis dalam era instruksi prosessor, sehingga tidak memerlukan penerjemah ketika membuat file yang dapat di ekskusi, tetapi memiliki kerugian yaitu memiliki ketergantungan dengan suatu prosesor atau arsitektur tertentu. Menulis program yang komplek sudah jelas sangat memakan waktu. Jadi assembly adalah program yang cepat, tetapi tidak portable diantara arsitektur.
ATAPI, AT Attachment Packet Interface, yaitu perluasan dari ATA (Advance Technology Attachment, lebih dikenal dengan IDE) yang menyediakan tambahan perintah untuk mengatur driver CDROM dan tape drives. Pengatur IDE yang disediakan dengan ATAPI ini disebut EIDE (Enhanced IDE).
ATM, Asyncronous Transfer Mode, yaitu teknologi pemaketan jaringan yang berorientasi kepada jaringan optik yang berkecepatan tinggi dan multi megabits, sehingga sangat memudahkan pertukaran data dari titik ke titik dengan sangat cepat. background, dalam konteks shell, yaitu suatu proses yang berjalan di "belakang" sehingga kita dapat menjalankan perintah lain ketika perintah tersebut berjalan. backup, yaitu menyimpan data yang penting ke media dan tempat yang aman. Backup harusnya dilaksanakan secara teratur, terutama untuk informasi dan konfigurasi file yang sangat penting (direktori utama untuk backup adalah /etc, /home dan /usr/local). Secara tradisional, banyak orang menggunakan tar dengan gzip atau bzip2 untuk membackup direktori-direktori dan file-file. Kita dapat menggunakan tool atau program lain seperti dump dan restore bersama dengan solusi backup yang gratis ataupun yang komersial. Biasanya suatu sistem di back-up ke media tape. batch, adalah mode pemrosessan di mana pekerjaan diserahkan kepada prosessor dan kemudian prosessor menjalankan mereka satu demi satu sampai mengeksekusi perintah yang terakhir dan siap untuk proses yang lain. beep, adalah bunyi kecil yang diberikan untuk memperingatkan kita terhadap suatu keadaan tertentu. Beberapa bunyi beep mengandung arti tertentu. beta testing, adalah nama yang diberikan kepada proses yang digunakan untuk mengetes versi beta dari suatu program. Biasanya suatu program dikeluarkan dalam bentuk versi alpha, beta dan barulah versi fullnya.
bit, BInary digiT, adalah satu digit yang bernilai 0 atau 1. boot, suatu cara yang dijalankan ketika komputer dihidupkan, di mana peripheral dikenali satu demi satu dan sistem operasi telah ditempatkan di memory. bootdisk, sebuah (bisa lebih) disket floppy yang berisi sistem operasi. Bootdisk berfungsi untuk menjalankan sistem operasi secara minimal kemudian memperbaiki sistem yang mengalami kegagalan boot bootloader, adalah program yang fungsinya memberikan pilihan kepada kita untuk memilih sistem operasi mana (kalau lebih dari satu) yang akan di jalankan pada saat boot. Bootloader seperti LiLo (Linux Loader) populer dengan kemampuan itu dan sangat berguna dalam dua atau lebih sistem boot. buffer, adalah bagian kecil dari memory dengan ukuran yang telah ditentukan, yang dapat bersama dengan file mode block, tabel sistem, suatu proses dan sebagainya. Hubungan dari seluruh buffer di pelihara oleh cache buffer. buffer cache, suatu bagian yang sangat penting dari sistem kernel, menjaga seluruh buffer tetap diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang tidak dibutuhkan dan banyak lagi. bug, kesilapan program atau kelakuan yang tidak mengikuti dokumentasi atau tidak mengikuti kehendak program. Bisa juga disebut kesalahan program sengaja atau tidak sengaja. Seringkali, fasilitas/kemampuan baru yang di perkenalkan membawa bugs baru ke dalam program. Sejarahnya, isitilah ini datang dari masa kartu punch (punch card), suatu bug (serangga) terperosok ke lubang punch card dan sebagai akibatnya program mengalami gangguan. Ada Lovelace, yang menemukan ini, menyatakan "it's a bug!" (ini adalah serangga) dan sejak saat itu istilah ini terus dipakai. byte, delapan bit yang berturutan, diterjemahkan di dalam bilangan basis dua (biner). case, berbicara tentang kata, case adalah perbedaan antara huruf kecil dan huruf besar (kapital). case sensitive, membedakan antara huruf kecil dan huruf besar. HurUf tidak sama dengan hURuF atau huruf.
client, program ataupun komputer yang secara berkala tersambung ke program ataupun komputer lain untuk memberikan atau meminta informasi.
client/server system, sistem ataupun protokol yang terdiri dari sebuah server dan sebuah ataupun banyak client.
command line, sesuatu yang disediakan oleh shell dan membolehkan pengguna untuk mengetikkan perintah secara langsung.
compilation, suatu proses dari menterjemahkan sumber kode yang dapat dimengerti manusia dan ditulis dengan bahasa pemrograman kepada file biner yang dapat dimengerti oleh mesin.
completion, kemampuan shell untuk secara otomatis memanjangkan kata menjadi suatu nama file, nama pengguna atau yang lain, selama ada kecocokan.
compression, cara untuk menyusutkan file atau mengecilkan jumlah carakter yang dikirim melalui sambungan komunikasi. Beberapa pengkompres file adalah compress, zip, gzip dan bzip2.
console, nama yang diberikan kepada terminal.
Terminal adalah mesin user (layar + keyboard) yang tersambung kepada satu mainframe pusat yang besar. cookies, file yang ditulis sementara di dalam harddisk local oleh web server. Ini membolehkan server untuk mengetahui informasi user ketika user nyambung kembali (ke server tersebut). Cookie ini dapat menyebabkan lubang keamanan pada PC yang tersambung ke internet.
dependencies, ketergantungan, yaitu bagian dari kompilasi yang membutuhkan sesuatu, sebelum berlanjut ke bagian kompilasi yang lain untuk mensukseskan peng-kompile-an suatu program.
dekstop, jika kamu menggunakan X window, dekstop adalah bagian tempat ikon dan layar di tampilkan. Disebut juga background dan biasanya diisi dengan warna yang sederhana, warna gradient atau bahkan sebuah gambar.
directory, bagian dari struktur filesistem. Di dalam sebuah direktori, bisa saja tersimpanfile-file dan direktory-direktory. Terkadang ada subdirektory di dalam direktory. Jika kita ingin melihat ke dalam direktory yang lain, kita harus berganti atau mendaftarkan ke dalamnya. Direktory special . dan .. adalah direktory itu sendiri dan direktory di atasnya satu tingkat.
distribution, istilah yang digunakan untuk membedakan satu hasil pabrikan GNU/Linux dengan yang lain. Sebuah distribusi dibuat dengan kernel linux dan utiliti-nya, program pemasangan, program pihak ketiga, dan terkadang software dari distribusi itu sendiri.
DLCI, Data Link Connection Identifier, digunakan untuk mengenali sambungan virtual titik ke titik yang unik melalui Frame Relay Network. DLCI biasanya ditandai oleh penyedia Frame Relay Network.
editor, istilah yang umumnya digunakan untuk program yang memeriksa file teks. Yang paling bagus di dalam GNU/Linux adalah GNU Emacs (Emacs) dan editor Unix yaitu Vi(m).
Email, Electronic Mail. Ini adalah cara untuk mengirim pesan secara elektronik antara orang pada jaringan yang sama. Email memerlukan tujuan dan alamat pengirim agar dapat dikirim secara benar. Pengirim harus memiliki alamat seperti "pengirim@pengirim.domain" dan penerima harus memiliki alamat seperti "penerima@penerima.domain". Email adalah metode yang sangat cepat untuk berkomunikasi dan umumnya hanya memerlukan beberapa menit untuk sampai ke tujuan, tanpa memperdulikan di mana lokasinya di bumi ini. Untuk menulis email, dibutuhkan sebuah client email seperti Pine atau mutt yang merupakan text mode atau yang GUI seperti KMail.
environment, kalo berbicara mengenai proses suatu file, ada di dalamnya seluruh informasi yang dibutuhkan sistem operasi untuk mengatur proses dan apa yang dibutuhkan pemroses agar suatu proses dapat berjalan secara benar.
environment variables, suatu bagian dari lingkungan proses. Environment variables ditampilkan secara langsung dari shell. escape, pada shell, adalah mengelilingi beberapa kata diantara tanda kutip untuk menghindari shell menterjemahkan kata tersebut. Contohnya, ketika kita perlu untuk menggunakan spasi di dalam beberapa baris perintah dan memipakan hasilnya untuk perintah yang lain, kita harus meletakkan perintah pertama diantara tanda kutip ("escape" the command) kalau tidak shell akan menerjemahkan dengan salah dan tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan.
filesystem, bagian yang digunakan untuk menyimpan file di dalam media fisik (harddisk, floppy) dengan tetap. Contoh dari filesistem adalah FAT, GNU/Linux ext2fs, iso 9600 (digunakan CDRom) dan sebagainya. Contoh filesistem virtual adalah /proc.
firewall, yaitu suatu mesin atau peralatan di dalam jaringan lokal, yang secara unik merupakan titik untuk nyambung ke jaringan luar, menyaring ataupun memantau aktifitas dari beberapa port, meyakinkan hanya beberapa peralatan khusus yang dapat masuk ke jaringan tersebut.
flag, adalah suatu penunjuk (biasanya sebuah bit) yang digunakan untuk memberitahu beberapa kondisi kepada program. Contohnya : sebuah filesystem memiliki antara lain : penunjuk flag jika dia hendak di backup, jadi ketika flag-nya aktif, filesystem melakukan backup dan ketika tidak aktif maka tidak dilakukan.
foreground, kalo berbicara masalah shell, proses di sebelah depan adalah proses yang sedang berjalan. Kita harus menunggu sampai proses tersebut selesai kalo kita ingin mengetikkan perintah yang baru.
framebuffer, proyeksi dari memory VGA ke dalam alamat mesin. Ini membolehkan aplikasi untuk memasuki memory VGA tanpa harus mengkoordinasikannya dengan VGA. Seluruh VGA kelas akhir menggunakan framebuffer.
frame relay, adalah teknologi jaringan yang idealnya digunakan untuk mengatasi kemacetan data.
full screen, istilah ini digunakan pada aplikasi yang menggunakan seluruh area pada layar.
gateway, sambungan link dua jaringan IP.
hardware address, nomor unik yang mengenali host dalam jaringan fisik pada media access layer. Contoh : Ethernet Address dan AX.25 Addresses.
hidden file, adalah file yang tidak dapat "dilihat" ketika kita laksanakan perintah ls saja. File hidden (sembunyi) dimulai dengan karakter "." dan digunakan untuk menyimpan konfigurasi pribadi untuk setiap program yang digunakannya. Contoh : perintah bash disimpan di ".bash_history".
home directory, terkadang dikenal dengan "home", ini adalah nama untuk direktory pribadi dari user.
host, umumnya digunakan untuk mengenali komputer yang tersambung ke jaringan.
icon, gambar kecil (biasanya berukuran 16x16, 32x32, 48x48 dan terkadang 64x64 pixel) pada lingkungan grafik, pada dokumen ataupun program. Icon biasanya ditemukan pada sistem yang memiliki GUI.
inode, titik masukan yang mengarah ke isi file pada filesystem yang seperti Unix Os. Sebuah inode dikenali dengan nomor, dan mengandung meta-informasi mengenai file tersebut, seperti berapakali di akses, tipenya, ukuran, tetapi tidak namanya.
internet, adalah jaringan sangat-sangat besar yang menyambungkan komputer-komputer di dunia ini. Pada saat anda tersambung ke internet maka anda akan menjadi bagian dari internet.
IP address, adalah alamat berupa nomor yang terdiri dari empat bagian yang fungsinya untuk mengenalkan komputer di dalam jaringan komputer. Sebuah alamat IP memiliki struktur yaitu : domain nasional, domain, subdomain dan alamat pribadi dari komputer itu. Sebuah alamat IP terlihat seperti contohnya : 192.168.0.1. Alamat mesin tersebut bisa saja satu dari tipe : statis atau dinamis. Alamat IP Statis adalah alamat yang tidak pernah diganti, bisa dikatakan permanen. Dinamis IP menyatakan bahwa alamat IP tersebut akan berubah setiap kali nyambung ke jaringan. Dial up dan modem Kabel biasanya menggunakan alamat IP dinamis sedang DSL dan sambungan cepat lainnya (leased line) menggunakan alamat IP statis. ISO 8859, ISO 8859 di dalamnya ada beberapa 8-bit extension karakter set ASCII. Terutama yang penting adalah ISO 8859-1 (Latin Alphabet No. 1) yang telah di gunakan secara luas dan sudah terlihat sebagai pengganti dari standard ASCII. ISO 8859-1 telah mendukung bahasa-bahasa ini : Afrika, Basque, Danish, Belanda, Inggris, Faroese, Finlandia, Prancis, Galician, Jerman, Irlandia, Italia, Norwegia, Portugis, Scotlandia, Spanyol, Swedia dan tentunya Indonesia :-) Sebagai catatan, ISO 8859-1 adalah 256 karakter pertama dari ISO 10646 (Unicode), Bagaimanapun ISO 8859-1 tidak memiliki karakter (mata uang) Euro dan belum mendukung secara penuh terhadap bahasa Findlandia dan Prancis. ISO 8859-15 adalah modifikasi dari ISO 8859-1 yang telah memperbaiki kekurangan tersebut.
kernel, yaitu isi perut dari sistem operasi. Kernel bertanggung jawab untuk menyediakan sumber dan memisahkan proses masing-masing. Menangani seluruh operasi tingkat rendah yang membolehkan program untuk berbicara secara langsung kepada hardware komputer, mengatur buffer cache dan sebagainya. launch, adalah aksi dari memulai suatu program.
library, kumpulan dari tata cara dan fungsi pada bagian biner untuk digunakan oleh programmers pada program mereka (selama library membolehkannya). Program yang mengisi pembebanan library yang berjalan secara terus menerus di sebut dengan dynamic linker.
linkage, bagian akhir dari proses kompilasi, yaitu menghubungkan seluruh file objek untuk membuat sebuah file ekskutabel (dapat dijalankan) dan menyamakan symbol yang bermasalah dengan dynamic libraries (kecuali sebuah linkage statis di minta, dalam kasus ini kode dari symbol tersebut akan dimasukkan di dalam file ekskutabel tersebut).
Linux, adalah sistem operasi seperti Unix yang berjalan pada komputer yang bervariasi dan bebas dari bayaran untuk menggunakan dan mengubahnya. Linux (kernel) ditulis oleh Linus Torvalds dibantu oleh simpatisan dari seluruh penjuru dunia.
Login, nama sambungan untuk user pada sistem Unix, termasuk tindakan untuk menyambung.
loopback, peralatan virtual jaringan dari suatu mesin. Nomor IP-nya 127.0.0.1 major, nomor khusus untuk klas device.
manual page, dokumen spesial yang berisi penjelasan dari perintah dan kegunaannya. Hal pertama yang harus dipelajari saat mendengar perintah yang tidak kita diketahui adalah halaman manual tersebut. Caranya ketikkan : man perintah mounted, sebuah perlatan dikatakan telah di mount apabila ia sudah di lampirkan ke filesistem GNU/Linux. Ketika kita me-mount suatu perlatan kita dapat melihat isinya. Istilah ini merupakan bagian dari fasilitas supermount yaitu user tidak perlu lagi me-mount suatu perlatan secara manual.
mountpoint, adalah lokasi di mana suatu partisi atau peralatan lain di lampirkan ke filesistem GNU/Linux. Contoh : CDRom biasanya di mount ke direktori /mnt/cdrom. Dari direktori inilah kita dapat melihat isi CDRom tersebut.
MSS, Maximum Segment Size adalah data berjumlah besar yang dapat di kirimkan pada suatu saat.
MTU, Maximum Transmition Unit adalah parameter yang menetapkan paket yang paling besar yang dapat di transmisikan oleh IP tanpa perlu dipecah menjadi kecil-kecil. MTU harusnya lebih besar dari paket yang paling besar yang dapat di kirimkan tanpa dipecah. Biasanya nilainya adalah 1500 byte untuk kartu LAN atau 576 byte untuk kartu SLIP.
multitasking, adalah kemampuan Sistem operasi untuk membagi beban CPU untuk melaksanakan beberapa proses. Pada tingkat rendah, ini juga dikenal dengan multiprogramming. Berpindah dari satu proses ke proses lain membutuhkan seluruh proses tersebut disimpan terlebih dahulu baru di datangkan kembali ketika proses tersebut terpilih kembali. Operasi ini disebut berpindah konteks (context switch), pada mesin Intel hal ini dapat dilaksanakan 100 kali dalam sedetik; makanya pengguna beranggapan bahwa sistem operasi menjalankan beberapa proses dalam sekali jalan. Ada dua tipe dari multitasking : preemptive multitasking yaitu di mana sistem operasi bertanggung jawab untuk membawa CPU dan melepaskannya untuk proses yang lain, cooperative multitasking adalah di mana proses tersebut yang mengembalikan CPU. Variasi pertama adalah pilihan terbaik karena tidak ada program yang membutuhkan seluruh CPU dan menghalangi proses yang lain. GNU/Linux memiliki metode preemptive multitasking. Pengaturan untuk memilih proses yang mana yang harus berjalan, tergantung pada beberapa pilihan disebut dengan schedulling (penjadwalan). multiuser, adalah sistem operasi yang membiarkan banyak pengguna untuk masuk dan menggunakan sistem pada waktu yang bersamaan, masing-masing bisa melaksanakan pekerjaan mereka secara bebas tanpa tergantung pada pengguna yang lain. Sebuah sistem operasi yang multitasking perlu mendukung multiuser. GNU/Linux memiliki multitasking dan multiuser, sebagaimana sistem Unix dan klonnya.
newsgroup, daerah diskusi dan berita yang dapat di masuki oleh berita ataupun klient USENET untuk membaca dan menulis pesan khusus terhadap topik dari newsgroup. Contoh : newsgroup alt.os.linux adalah newsgroup alternatif yang berhubungan dengan sistem operasi GNU/Linux. Newsgroup dibuat untuk dapat di capai dengan mudah untuk topik-topik yang tertentu. null, character, karakter atau bite 0, yang digunakan untuk menandai akhir dari suatu string.
object code, adalah kode yang dihasilkan dari proses kompilasi yang di hubungkan dengan object code dan librari yang lain untuk membentuk file executable. Object code hanya dapat dibaca mesin.
on the fly, terkadang disebut sebagai selesai dengan "on the fly" ialah ketika sesuatu telah dilaksanakan bersama dengan yang lain, tanpa ada pemberitahuan kepada kita sebelumnya. open sources, adalah sumber kode gratis dari suatu program yang sengaja dibuat untuk komunitas pengembang dan masyarakat luas. Teory dibelakang open sources adalah membiarkan source code untuk digunakan dan di rubah-rubah oleh programmer-programmer yang dapat menghasilkan produk yang lebih berguna bagi setiap orang. Beberapa program open sources adalah apache, sendmail dan tentunya kernel Linux.
operating system, program yang posisinya berada diantara aplikasi dan lapisan hardware. Pekerjaan utama dari sistem operasi adalah mengatur seluruh sumber-sumber mesin dan sebagai penterjemah keinginan manusia agar diketahui oleh mesin. Pada GNU/Linux, hal ini dilakukan oleh kernel dan modul-modul yang dapat di-load secara bebas.
password, kata rahasia atau kombinasi dari karakter-karakter yang digunakan untuk mengamankan sesuatu. Password digunakan untuk login ke sistem operasi yang multiuser, ke website, FTP site dan lain-lain. Password harus benar-benar rumit dan sebaiknya tidak berdasarkan kata-kata yang terdapat di dalam kamus. Password memastikan orang lain tidak dapat masuk ke komputer ataupun akses lain dengan menggunakan account yang bukan miliknya.
patch, to patch, file yang mengandung perbaikan-perbaikan, kemampuan-kemampuan baru, menghilangkan kesalanan (bugs), atau merupakan perubahan dari program tersebut. path, adalah penanda untuk file dan direktory pada filesistem. Perbedaan dari path adalah dipisahkan oleh garis miring "/". Ada dua tipe path pada sistem GNU/Linux.
Path relative adalah posisi file ataupun direktori yang berhubungan dengan direktori itu. Path absolute adalah posisi file ataupun direktori yang berhubungan dengan direktori root.
pipe, tipe file Unix yang istimewa. Sebuah program menulis data ke pipa dan yang lain membaca data pada ujung pipa. Pemipaan Unix adalah FIFO, jadi data dibaca pada satu ujung dan ujung lain mengirimkannya.
pixmap, adalah singkatan untuk pixel map.
plugin, program tambahan yang digunakan untuk menampilkan atau memainkan beberapa file multimedia yang ditemukan di dalam halaman web. Plugin dapat diperoleh dengan men-download-nya apabila browser yang kita miliki tidak mempunyai plugin tersebut.
porting, program yang diterjemahkan agar dapat digunakan pada sistem yang bukan sistem aslinya, ataupun kepada sistem yang mirip-mirip. Contoh : agar program-program yang berjalan di M$ Windows dapat berjalan di GNU/Linux, maka program tersebut harus di porting ke sistem GNU/Linux.
preprocessor, kompilasi yang memerintahkan kompiler untuk menimpa kode pada bahasa pemrograman yang digunakan pada file sumber. Contoh dari c preprosessor adalah #include, #define dll.
process, adalah program yang sedang dijalankan di dalam lingkungannya.
prompt, string sebelum kursor. Ketika kita dapat melihatnya maka kita dapat mengetikkan perintah di situ.
protocol, mengatur komunikasi antara mesin-mesin yang berlainan jenis sepanjang jaringan, selain menggunakan hardware ataupun software. Protokol menetapkan format dari data yang bisa ditukarkan. Beberapa protokol yaitu : HTTP, FTP, TCP dan UDP.
proxy, suatu mesin yang berada diantara jaringan dan internet, yang fungsinya untuk meningkatkan pertukaran data untuk protokol-protokol yang umum (HTTP atau FTP). Proxy memelihara cache dari permintaan sebelumnya, yang mengatasi biaya dari meminta file yang telah pernah diminta sebelumnya. Proxy sangat berguna pada jaringan yang bandwithnya rendah (seperti koneksi modem). Terkadang proxy merupakan satu-satunya mesin yang dapat masuk ke jaringan luar.
quota, adalah cara untuk menghalangi penggunaan disk dan membatasi pengguna. Adminstrator dapat mengatur/membatasi ukuran dari direktori home user dengan mangatur quota-nya.
regular expression, suatu tool yang secara teoritis sangat kuat, digunakan untuk mencari dan mencocokkan kata. Banyak utilitas Unix yang menggunakan ini : sed, grep, Perl dan lain-lain.
root, adalah penguasa dari setiap sistem Unix. Umumnya root (atau administrator) adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengawasi sistem Unix. root juga memiliki hak akses yang penuh ke seluruh tempat di dalam system.
root directory, adalah tingkatan direktory yang paling tinggi pada sistim. Direktory root ditandai dengan '/'.
route, adalah jalan untuk paket melalui jaringan untuk mencapai tujuannya. route adalah jalan diantara satu mesin dan mesin lain di dalam jaringan.
script, shell script adalah rangkaian perintah yang akan di jalankan seperti jika perintah tersebut dimasukkan satu persatu dari prompt. Shell script pada Unix sama dengan file batch pada DOS.
security levels, adalah tingkatan dari keamanan yang mengizinkan kepada kita untuk mengatur sejauh mana keamanan mesin yang kita miliki.
server, program atau komputer yang menyediakan fasilitas atau layanan untuk menjalankan perintah atau memberikan informasi yang dibutuhkan oleh klien.
shadow passwords, suatu password yang bagus pada sistim Unix yang mengandung enkripsi yang tidak dapat dibaca oleh manusia, kalau password biasa masih dapat dibaca oleh manusia.
shell, shell adalah antar muka dasar ke sistem operasi dan menyediakan baris perintah di mana user masukkan perintah untuk menjalankan program dan perintah sistim. Seluruh shell menyediakan bahasa script yang dapat digunakan untuk meng-otomatisasikan pekerjaan atau untuk menyingkatkan pekerjaan yang rumit. Beberapa contoh shell adalah bash, sh dan tcsh.
single user, istilah yang digunakan untuk sebuah sistem operasi yang hanya membolehkan seorang pengguna untuk masuk ke sistim dan menggunakannya pada satu saat.
socket, tipe file yang berhubungan dengan sambungan jaringan apa saja.
streamer, suatu alat yang "streams" (tidak terhentikan atau tidak dibagi menjadi potongan-potongan kecil) dari karakter seperti yang kita masukkan.
Streamer yang biasa adalah sebuah tape drive.
switch, switch digunakan untuk mengganti perkerjaan program, juga disebut pilihan dari baris perintah atau argumen. Untuk menentukan apakah sebuah program memiliki pilihan, bacalah halaman manual atau masukkan --help ke program. Contoh : program --help. symbolic links, file istimewa, tidak berisi apa-apa tetapi memiliki hubungan ke file yang lain. Setiap akses ke file symbolic links adalah sama seperti meng-akses file yang namanya berhubungan dengan file tersebut.
target, objek kompilasi, seperti file biner yang telah di keluarkan oleh kompiler.
telnet, membuat sambungan ke remote host dan membiarkan kita untuk masuk ke mesin, menyediakan account untuk kita. Telnet adalah metode yang paling banyak digunakan untuk remote login, walaupun ada alternatif yang jauh lebih baik seperti ssh (secure shell). Telnet sendiri tidak menggunakan enkripsi pada data-data yang dikirimkan, sehingga sangat mudah membaca file yang ditransfer melalui telnet (kalo tahu caranya..:-)
username, adalah nama atau kata yang digunakan untuk mengenali pengguna di dalam sistim. Setiap username mengandung satu UID (User ID) yang unik.
virtual console, adalah nama yang diberikan untuk terminal. Pada sistem GNU/Linux, kita memiliki virtual konsol yang mengizinkan kita untuk menggunakan satu layar dari monitor untuk bagian-bagian yang berjalan secara bebas. Umumnya kita memiliki 6 virtual console yang dapat di capai dengan menggunakan ALT - F1 sampai dengan ALT - F6, ALT - F7 akan memasukkan kita ke mode X Window. Setelah berada di X Window kita dapat kembali ke mode text dengan menekan CTRL - ALT - F1 sampai dengan F6.
virtual desktops, pada sistim X Window, window manager menyediakan kepada kita beberapa desktop, kita dapat memiliki sampai dengan 4 virtual desktop secara umumnya.
wildcard, tanda '*' dan '?' digunakan sebagai karakter wildcard dan dapat mewakili apapun. Tanda '*' mewakili karakter apa saja, termasuk tidak ada karakter. Tanda '?' mewakili satu karakter. Wildcard sering digunakan pada regular expression. window manager, program yang bertanggung jawab untuk "look and feel" dari lingkungan grapik, window bar, frame, tombol, shortcut keyboard. Tanpa window manager adalah tidak mungkin untuk memiliki virtual desktop.
sumber :_rizahnst@160c.afraid.org

Televisi Seluler Kurang Populer

Ditulis oleh Administrator Monday, 01 October 2007

SURVEI terbaru yang dirilis firma riset Canalys mengungkap, popularitas layanan televisi seluler di negara-negara maju ternyata masih rendah. Kurang dari separuh responden mengaku tidak tertarik menonton siaran televisi apa pun melalui ponsel, bahkan apabila layanan itu disajikan gratis.

Survei online tersebut dilakukan Canalys pada April terhadap lebih dari 2.000 pelanggan seluler berusia dewasa dan memiliki pekerjaan tetap di Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris. Berita baiknya, sebanyak 51% responden mengungkapkan ketertarikan terhadap layanan televisi seluler yang akan dirilis para operator seluler di Eropa. Namun, data temuan analis menegaskan,para operator masih menghadapi tantangan- tantangan besar.

”Pelanggan mengungkapkan minat yang sangat beragam ketika ditanya siaran televisi macam apa saja yang mereka sukai. Karena itu, operator tampak tidak bisa mengandalkan hanya satu tipe layanan andalan,” sebut analis Canalys Adrian Drozd. Agar operator mampu memuaskan pelanggan,Drozd menambahkan, operator harus membangun berbagai kemitraan sehingga mampu menyajikan layanan yang variatif. Di samping itu, operator juga disarankan mengaplikasikan sistem penarifan yang beragam.

”Tantangan semakin membesar karena semua itu akan menambah kompleksitas bagi pelanggan maupun operator sendiri dalam mengembangkan layanan televisi seluler,” tandas Drozd. Program-program siaran langsung, yang terkait dengan olahraga atau reality show, menjadi layanan yang paling diidamkan untuk layanan televisi seluler. Sebanyak 29% responden mengaku tertarik menonton siaran semacam itu.

Pada saat yang sama, sebanyak 23% responden menyatakan ingin menonton siaran yang terkait dengan hobi atau minat pribadi yang tidak dapat mereka nikmati di rumah. Namun, sebanyak 23% responden juga ingin menikmati akses siaran televisi yang sudah mereka miliki di rumah melalui ponsel. Lebih lanjut, sebanyak 15% responden tertarik menonton video dari sejumlah situs seperti YouTube. Sementara itu, 14% menyatakan ingin menonton siaran yang sudah mereka rekam di rumah melalui ponsel ketika berada di luar rumah.

Dalam hal durasi content, sebagian besar responden mengungkapkan minat yang sama. Mereka menyukai tayangan video klip singkat. Namun, responden juga berminat terhadap tayangan-tayangan yang berdurasi setengah jam. Para responden survei Canalys juga berminat terhadap berbagai siaran film panjang. Namun mereka menilai, daya tahan baterai ponsel mereka tidak akan mendukung sehingga siaran film panjang tidak akan nyaman dinikmati melalui ponsel.

”Operator berpeluang membidik segmen pelanggan tertentu yang berpotensi lebih responsif daripada segmen yang lain,”ujar Drozd.Dia menjelaskan, lebih dari 40% responden yang aktif mengakses YouTube mengaku tertarik menonton content serupa pada ponsel. ”Para pengguna YouTube tersebut juga mengungkapkan level minat lebih tinggi terhadap semua tipe siaran televisi seluler,” tandas Drozd.

Namun, para operator masih harus menjawab sebuah pertanyaan besar, yakni seberapa banyak pelanggan bersedia membayar untuk layanan seperti itu. Para pengguna ponsel tersebut memang suka mengakses layanan YouTube. Namun, layanan YouTube disajikan secara gratis. Canalys juga mengungkapkan, para pengguna ponsel yang sudah membelanjakan banyak uang untuk membayar langganan televisi di rumah berkemungkinan enggan membayar lagi untuk layanan televisi seluler.

sumber div multimedia telkom

PT Inti Kembangkan Produk Penghemat Biaya Telepon

Ditulis oleh Administrator Tuesday, 15 January 2008

JAKARTA, PT Industri Telekomunikasi (INTI) mengembangkan produk berbasis Teknologi Informasi (TI) bernama Inti Compact Next Generation Network (NGN) yang mampu menghemat biaya penggunaan sambungan telepon hingga 80%.

"Produk Inti Compact NGN bisa diterapkan pada jaringan yang klasik maupun jaringan Next Generation Network," kata Direktur Pemasaran PT INTI, Said Firman, di Jakarta, Selasa.

Selain Inti Compact NGN, PT Inti juga mengembangkan produk lain bernama Broadband Power Lines (BPL) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan listrik.

PT INTI secara resmi belum menunjuk operator seluler untuk bekerja sama menerapkan produk baru tersebut. "Provider belum ditunjuk karena produk baru akan diluncurkan dalam waktu dekat ini," katanya.

Said mengatakan, kedua produk tersebut sama sekali berbeda dengan produk-produk INTI yang sebelumnya karena sudah berbasis IT dan broadband. "Jadi nanti melalui telepon atau NGN bisa mengirimkan data maupun videocall dengan biaya sangat murah dan produk ini bisa menekan biaya komunikasi sampai 80%," katanya.

Produk tersebut dapat diterapkan dalam tiga jenis sambungan telepon yaitu wi fi, wireless, ataupun videophone.

Menurut dia, perangkat tersebut menghemat biaya telepon karena tidak lagi membedakan jenis panggilan telepon baik lokal, jarak jauh, maupun internasional.

Saat ini, kedua produk tengah diujicobakan di Batam Bintan Telekomunikasi (BBT) dan ditargetkan selesai dalam tiga bulan ke depan.
sumber div multimedia telkom

USB 3.0

Selamat tinggal USB 1.1 dan USB 2.0, karena kini telah diperkenalkan ke publik USB 3.0. Ini adalah generasi lanjutan dari USB 2.0 yang beredar di pasar selama tiga tahun belakangan ini.
USB 3.0 diperkenalkan ke publik untuk pertama kalinya pada (7/1) lalu, bersamaan dengan pameran Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas.

SuperSpeed USB menjadi sebutan untuk USB 3.0 ini, yang menjadi versi mendatang dari Universal Serial Bus yang didesain ulang untuk era HD. Sebutan SuperSpeed USB berasal dari kecepatannya dalam mengirim data yang mampu mentransfer hingga 10 kali dari batas kecepatan USB sekarang ini. USB 2.0 memiliki kecepatan 480 MB per detik, sedangkan USB 3.0 mampu mengantar data dengan kecepatan 4,7 GB per detik.

USB 3.0 memiliki konektor yang berbeda dengan USB 1.1 dan USB 2.0, tetapi pemilik komputer tak perlu mengganti konektor USB-nya. Karena telah disediakan pin tambahan yang bisa dipasang di sisi belakang konektor sehingga konektor pada komputer akan kompatibel untuk USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0 sekaligus.

Tapi anda harus bersabar karena USB 3.0 SuperSpeed ini, diprediksikan baru akan dirilis ke pasar pada pertengahan tahun nanti.

Sumber: Kampong Online Project

SETELAH 3G, WiMAX MEROKET

WiMax diprediksi akan menjadi alternatif untuk menggantikan koneksi biaya tinggi dalam investasi pengadaan DSL dan kabel di masa mendatang. Harapannya, penetrasi koneksi alternatif dengan cepat dan murah dapat diperluas ke wilayah yang sampai saat ini belum dapat dijangkau kabel dan internet berkecepatan tinggi.

Teknologi WiMAX memungkinkan kita memancarkan berbagai sinyal dalam jarak yang sangat berdekatan. Hasilnya, kita bisa menumpangkan lalu lintas data dengan kepadatan tinggi dalam berbagai kanal. Dengan banyaknya kanal yang bisa ditumpangi oleh data yang berlimpah dalam satu waktu, ISP broadband bisa menghadirkan layanan berbasis kabel atau DSL untuk banyak pelanggan sebagai pengganti media kabel tembaga.

Sampai sejauh ini, segmen penggunaan teknologi WiMAX memang ditujukan untuk penggunaan di segmen Metropolitan Area Networks (MAN) yang meliputi area dalam radius 50 km. Berdasarkan hasil riset TelecomViews, pada tahun 2009 diperkirakan lebih dari 40% pasar broadband nirkabel akan dikuasai WiMax. Akan tetapi, anggapan yang menyatakan bahwa 3G akan dikalahkan oleh WiMax tidaklah beralasan. Bahkan, kemungkinan besar kedua teknologi tersebut akan bergandengan tangan”. Alasannya, 3G sudah lebih mapan dibanding WiMax, dan sudah banyak dipasang oleh berbagai negara. Untuk prospek WiMax sendiri, terbilang cerah karena menawarkan kesempatan bagi operator telekomunikasi alternatif untuk menawarkan layanan broadband dengan harga bersaing bagi pelanggannya, baik di daerah metropolitan, pedesan, atau di kota kecil dengan infrastruktur terbatas.

Kombinasi dengan teknologi lain seperti VoIP juga dapat menjadi peluang bisnis baru. Selain itu, teknologi WiMAX dapat melayani para subscriber, baik yang berada dalam posisi Line Of Sight (posisi perangkat-perangkat yang ingin berkomunikasi masih berada dalam jarak pandang yang lurus dan bebas dari penghalang apa pun di depannya) dengan BTS maupun yang tidak memungkinkan untuk itu (Non-Line Of Sight). Jadi di mana pun para penggunanya berada, selama masih masuk dalam area coverage sebuah BTS (Base Transceiver Stations), mereka mungkin masih dapat menikmati koneksi. Kelebihan lain dari teknologi WiMax, kita bisa memasang PCI card yang kompatibel dengan standar WiMax jika ingin berinternet murah, mudah, dan nyaman dengan kualitas broadband. Jadi, tidak perlu repot.

Namun, untuk Indonesia, kita harus sedikit bersabar karena teknologi ini masih membutuhkan waktu untuk dapat tersedia secara massal di Indonesia. Contoh terdekat dalam pemanfaatan WiMax di Indonesia yaitu infrastruktur yang dibangun untuk menyediakan solusi distribusi akses Internet di Aceh pasca tsunami. Akibat tsunami, praktis sebagian besar infrastruktur kabel telekomunikasi di pantai barat Aceh mengalami kerusakan. Solusi yang paling mungkin adalah menggunakan infrastruktur nirkabel.

Untuk nirkabel, teknologi yang umum digunakan adalah jaringan WiFi yang beroperasi pada frekuensi 2,4GHz. Untuk Aceh, solusi menggunakan WiFi dirasakan kurang memenuhi kebutuhan karena jangkauannya sangat terbatas, dan besarnya arus data yang bisa dilewatkan. Karena itu, digunakan perangkat WiMax di mana semua base station terhubung langsung dengan titik terminasi jaringan kabel serat optik bawah laut di pantai Banda Aceh yang telah dibangun oleh Global Marine Systems Limited (GMSL) asal Inggris. Setiap base station menggunakan interbase backhaul yang redundant sehingga jika pada salah satu jalur koneksi terjadi kerusakan, koneksi tidak akan terputus karena base station itu masih dapat bekerja menggunakan jalur cadangan. Di setiap base station akan dipasang perangkat router yang berfungsi sebagai pengatur bandwidth sekaligus firewall. Pengaturan routing menggunakan Border Gateway Protocol (BGP) sehingga proses routing dapat berlangsung secara dinamis dan otomatis.

Akan tetapi, untuk Indonesia perkembangan WiMax bukan tanpa kendala, terutama yang berhubungan dengan masalah kebijakan dan regulasi pemerintah untuk regulasi nirkabel. Selain masalah regulasi, dibutuhkan selang waktu beberapa lama sebelum WiMax digunakan di masyarakat. Apalagi perangkat WiMax masih sangat mahal karena produksinya masih terbatas. Di samping itu, perangkat-perangkat berteknologi WiMax yang sekarang sudah ada di pasaran juga belum melewati proses sertifikasi dari WiMax Forum sehingga belum dijamin kinerja maupun kompabilitasnya satu sama lain.

(sumber : telkomnet)

Agar Internet Explorer Lebih Aman

Ditulis oleh Administrator Wednesday, 03 October 2007

Tab [Advanced] di Internet Options menyimpan berbagai pengaturan penting untuk pengaturan akses internet via Internet Explorer. Di situ Anda dapat menentukan bagaimana Internet Explorer bereaksi terhadap objek tertentu yang ada di halaman situs web dan bagaimana cara Anda berinteraksi saat menjelajah internet.

Karena itu mengubah hal-hal yang ada di situ dengan sembarangan bisa berakibat fatal terhadap akses internet dan PC. Untuk mengamankan tab ini, Anda cukup membuat DWORD value baru di registri. Detail caranya dapat Anda simak pada langkah-langkah berikut ini.

1. Jalankan Registry Editor.

2. Masuklah ke sub key HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Internet Explorer\Control Panel.

3. Klik kanan di panel sebelah kanan dan pilih [New] > [DWORD (32 bit) Value].

4. Beri nama DWORD value tersebut dengan nama AdvancedTab, dan klik dua kali DWORD value tersebut untuk mengubah nilainya.

5. Isikan value data-nya dengan angka 1.

sumber div multimedia

Memperkecil Ukuran File EXE

Ditulis oleh Administrator Wednesday, 03 October 2007

Di sistem operasi Windows, sering kita jumpai file yang berekstensi EXE berukuran besar, bisa berukuran lebih dari 5 MB. Kalau Anda ingin mengirimkannya ke teman Anda lewat e-mail, waktu yang dibutuhkan lama untuk upload bisa lama. Kawan Anda pun butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengunduhnya.

Ada sebuah aplikasi yang bisa mengompres ukuran file EXE menjadi lebih kecil, tapi bukan aplikasi seperti WinRar atau WinZip. Namanya UPX atau Ultimate Packer for eXecutables. Anda bisa mengunduhnya di http://upx.sourceforge.net/download/upx203w.zip. Ukuran paket programnya boleh dibilang kecil—hanya 284KB. Jadi, hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mengunduhnya.

Selain singkatan dari Ultimate Packer for eXecutables, UPX juga disingkat dari Universal Portable eXtendable. Kata “universal” di situ menandakan bahwa aplikasi ini bersifat umum, bisa digunakan pada 20 format file EXE. Kata “portable” berarti aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus diinstal karena ditulis dengan bahasa Portable Endian-Neutral C++. Kata “extendable” berarti mendukung file dengan format EXE dan kompresi algoritma baru.

Kalau Anda sudah mengunduh paket program, ekstrak file tersebut ke sebuah folder. Siapkan file EXE yang ingin dikompres dengan menyalinnya ke folder yang sama dengan aplikasi UPX. Karena aplikasi ini berjalan lewat DOS, jadi Anda harus membuka Command Prompt atau MS-DOS terlebih dahulu.

Caranya klik [Start] > [Run], lalu ketik cmd dan tekan [Enter]. Pada jendela Command Prompt, masuklah ke folder di mana file UPX diekstrak, misalnya folder-nya berada di drive D, ketik d: dan tekan [Enter] kemudian ketik cd diikuti dengan nama folder dan tekan [Enter] lagi. Misalnya cd UPX.

Setelah itu, ketik upx diikuti dengan nama file dan tekan [Enter]. Contoh: upx setup.exe. Tunggu hingga prosesnya selesai. Ketika UPX dicoba mengompres file exe berukuran 8339456KB, hasilnya memuaskan. Hasil kompresi berukuran 3104768 KB—hanya 37,23% dari ukuran file asli.

Kalau Anda ingin mengompres file yang berjumlah lebih dari satu, Anda bisa langsung mengompres semuanya. Caranya ketik upx *.exe atau upx *.dll dan tekan [Enter] untuk memprosesnya. Tapi jangan lupa, letakkan seluruh file yang hendak dikompres di 1 folder, yakni
folder UPX.

Tapi, jika file tersebut telah dikompres, akan ada dampak negatif yang dihasilkan, performa file tersebut menjadi berkurang atau menjadi lambat. Untuk menanggulangi masalah tersebut, anda bisa mengestraknya kembali, ketik perintah upx -d diikuti dengan nama file dan tekan [Enter]. Contoh: upx –d setup.exe. Dalam sekejap, file tersebut telah menjadi seperti semula.

Untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya file exe, Anda sebaiknya membuat file backup, caranya ketik upx –k diikuti dengan nama file, kemudian tekan [Enter]. File Anda akan disalin di folder upx dengan ekstensi EX~. Jika Anda ingin menggunakannya lagi, ganti saja ekstensinya menjadi EXE dengan cara rename

sumber div multimedia

Tips Memilih Nama Domain

Ditulis oleh Administrator Monday, 08 October 2007

Domain…!! dalam internet sangat berperan penting untuk menunjukkan identitas anda, layaknya sebuah nama domain dapat mewakili siapa anda di jagad maya. Sebenarnya domain adalah alias dari alamat IP (XXX.XXX.XXX.XXX), berikut ini tips bagaimana anda memilih
domain untuk pribadi ataupun untuk suatu organisasi.

Carilah Domain yang mewakili identitas diri anda.Gunakan nama domain yang sama atau mencerminkan kepribadian, karakter dan identitas diri anda, ini dapat membantu domain anda untuk lebih dikelan oleh netter. Sebelumnya anda bisa mencari apakah domain tersebut sudah ada yang memiliki atau belum di situs http://www.allwhois.com/ atau di situs http://www.internic.net/whois.html.

1. Cari kata yang unikGunakan nama yang unik agar registrasi anda berhasil, misalnya dengan menambahkan tanda “-” (strip atau dash) atau gunakan kombinasi angka (0-9) atau juga menggunakanhuruf yang memiliki tanda baca yang hampir sama seperti endang.com —> endank.com.

2. Buatlah nama domain pendekIni berguna agar netter lebih mengingat domain anda, jika nama domain terlalu panjang di kawatirkan netter atau user tidak akan mengingat domain anda saat kunjungan berikutnya.

3. Gunakan tambahan kata saat domain anda samaKasus ini berlaku jika pada domain perusahaan, misalnya saat anda ingin mendaftarkan domain http://www.omega.co.id/, dan ternyata sudah di daftarkan orang lain maka anda dapat menambahkan kata yang identik dengan perusahaan atau organisasi anda misalnya anda bisa menambahkan “my” menjadi http://www.my-omega.co.id/ atau “online” menjadi http://www.omegaonline.co.id/ atau “news” menjadi http://www.omeganews.co.id/

4. Gunakan domain sesuai kebutuhanYang dimaksud disini anda sebaiknya mengunakan domain (.com, .net, .org, .name, .mp3, .co.id, .web.id) sesuai dengan kebutuhan anda. Jika cakupannya hanya Indonesia maka anda bisa menggunakan domain “.co.id”, selain mencerminkan bahwa perusahaan anda berada di Indonesia juga harga dari domain lokal bisanya lebih murah. Lain lagi jika perusahaan anda go internasional maka anda dapat menggunakan “.com” atau “.org”

5. Gunakan domain gratisJika kantong saku anda cekak alias dana sedikit, anda bisa gunakan failitas domain gratis yang tentunya merupakan domain alias dari hosting anda sebelumnya. Misalnya anda sebelumnya sudah memiliki web hosting di geocities.com dengan alamat www.geocities.com/namaku —> namaku.cjb.net atau namaku.tk atau come.to/namaku. Ataua anda bisa mencari sendiri di mbah Google dengan kata kunci “URL redirection”.

sumber: div multimedia

simpan file online

Pada saat ini banyak orang mempunyai keinginan untuk mempunyai penyimpanan data yang aman, yang mudah di bawa kemana-mana ringatn dan tidak membuat si yang empunya data kerepotan. Belakangan ini muncul yang namanya Flash Disk, SD Card, MMC (dan yang sekeluarga dengannya) menggantikan yang namanya Disket. Belakangan internet juga mulai boooming, banyak sekali situs yang menawarkan jasa penyimpanan data secara online, la…… ini mungkin bisa menjadi salah satu yang bisa anda pertimbangkan sebagai media penyimpanan data.

Pada artikel saya kali ini, saya akan mengupas sedikit tentang http://www.box.net/, media penyimpanan online yang mengizinkan anda untuk menyimpan file gambar, document dan lainnya. Jumlah kapasitas penyimpanan untuk anda adalah 1 Giga untuk versi gratis (alias gak bondo) ato 5 Giga untuk layanan berbayar ($4,99 per bulan). Ok… langsung aja saya akan mengupas tentang web storage yang satu ini.

Klo anda belum memiliki account di web ini, maka anda harus mendaftarkan dulu … dan yang perlu anda ingat, anda harus mempunyai alamat e-mail yang valid.

setelah daftar maka anda langsung dapat menggunakan account anda untuk menyimpan file sesuka hati.

sumber div multimedia

Menyorot Kata Kunci: Menulis Artikel Di Web-Publishing

Menyorot kata kunci pada penulisan sebuah materi (berita/artikel) bukanlah semata – mata mempercantik tampilan. Namun lebih tepatnya adalah sebuah upaya untuk memberikan daya tarik pada materi agar pembaca semakin yakin akan apa yang akan dibacanya. Yaitu dengan sekali lirik dapat menemukan inti dari materi yang tengah dihadapinya. Soal apakah pembaca akan meneruskan membacanya atau tidak, itu sangat tergantung dengan selera (segmentasi) pembaca.

Kebetulan saya terlibat dalam pengembangan aplikasi web-publishing ini, dan (alhamdulillah) konon duduk sebagai pembantu tim penyusunan “dokumentasi - user requirement”, sehingga boleh dibilang (sedikit) mendahului tahu akan fasilitas yang ada di dalamnya. Salah satu hal yang akan saya sampaikan dalam tulisan ini adalah mengenai bagaimana (secara teknis) menyorot “kata kunci” sebuah materi (berita/artikel) sebagai daya tarik materi. Dan semoga bermanfaat.
Pengembang aplikasi web-publising ini, yaitu NMS bersama timnya, yang dengan piawainya telah membidani lahirnya sebuah media komunikasi Divisi Infratel berbasis web, sebutlah sebuah web-publising yang lahir dengan cantiknya guna mendukung sistim informasi yang memang sudah saatnya harus hijrah ke dunia hi-tek. Dimana perputaran informasi cukup dengan ceklak-ceklik bersama tetikus1).

Kecantikan Web-Publishing Infratel akan nampak jika rekan-rekan kontributor materi (berita/artikel) berkenan memanfaatkan salah satu fasilitas penayangan materi (content) pada aplikasi ini. Yaitu bagaimana menyorot “kata kunci”.

Setelah anda menyelesaikan sebuah tulisan (materi), baik itu berupa berita maupun artikel, selanjutnya anda pilih kata kuncinya (keyword). Sebaiknya kata kunci tersebut tidak terlalu panjang, cukup satu/tiga baris. Dan pastikan bahwa itu berdiri sebagi kalimat mati. Bukan kalimat yang menggantung, dimana pembaca masih harus menemukan kata sambungannya.

Kemudian kata kunci tersebut dibubuhi (diawali dan diakhiri) dengan sebuah kode-kode program (source-code) sebagai berikut :

{ xtypo_quote }2) Kata Kunci { /xtypo_quote } : Kata kunci di sorot dan ditempatkan sepanjang baris.

{ xtypo_quote_right} Kata Kunci { /xtypo_quote_right } : Kata kunci di sorot dan ditempatkan di samping kanan.

{ xtypo_quote_left } Kata Kunci { /xtypo_quote_left } : Kata kunci di sorot dan ditempatkan di samping kiri.

Pastikan bahwa penulisan kode-kode program tersebut tanpa spasi.

Selanjutnya materi anda yang ditayangkan di web-publishing “infratel” selain akan nampak lebih cantik juga akan membawa pembaca / pengunjung lebih jauh menyelam ke kedalaman isi tulisan anda. Lha, apakah pembaca akan melanjutkan membaca tulisan anda atau tidak, sedikit banyaknya akan terpengaruh dari apakah kata kunci yang anda sorot menarik atau tidak. Ini sangat tergantung anda dalam memilih dan menyorot “kata kunci”.


Catatan :
1) Tetikus, RDI Agustus 2007 mencoba mengindonesiakan mouse dengan kata “tetikus”
2) {xtypo_quote}, adalah satu source-code dalam aplikasi ini untuk membangkitkan teks yang dipilih untuk ditampilkan terpisah dengan fontasi yang ditetapkan oleh mesin.

sumber intranet infratel

Buka Gmail dan Yahoo! mail di Outlook Express

Ditulis Oleh Denny Andhika Wednesday, 19 September 2007

Anda pasti pernah dengar tentang Outlook Express, sebuah program email client dari Microsoft yang sangat terkenal khususnya di dunia perkantoran. Jika anda bekerja di sebuah perusahaan, hampir dapat di pastikan anda akan bergaul dengan software satu ini. Memang enak menggunakan Outlook Express untuk menerima dan mengirim email di rumah atau di kantor. Hanya seja kita perlu mengetahui konfigurasi POP Server dan SMTP Server dari email server yang kita gunakan, agar kita bisa mengeset di Outlook Express nantinya. Kalau untuk di kantor kita pasti mempunyai domain sendiri misalnya : d_andhika@telkom.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya , tentunya sudah bukan masalah lagi, karena sudah tersedia informasi seputar POP Server, SMTP Server yang bisa kita gunakan untuk melakukan setting di Outlook, lagipula biasanya sudah di handle oleh orang IT nya.

Cara ini dapat anda lakukan jika mempunyai koneksi ke Internet (via NAT atau proxy dengan port SMTP dan POP3 yang terbuka)

Setting Outlook untuk Yahoo! Mail

Pastikan account anda adalah yahoo local contoh : denny_1701@yahoo.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya (penting), bukan yang yahoo.com, karena yang yahoo.com masih memerlukan tambahan software lagi sebagai gateway nya namanya YPops.
Langkah – langkahnya :

Login ke yahoo mail anda, klik “Opsi” yang ada di pojok kanan atas, klik “akses penerusan surat”. checklist bagian “Akses Web & Pop”, klik “simpan” Buka Outlook :

Klik tool

Accounts

Mail lalu klik Add

Mail untuk membuat account Masukan nama anda, nama ini akan digunakan sebagai nama pengirim di setiap email yang anda kirim Masukan alamat email yahoo anda Isi incoming mail …………. Dengan : pop.mail.yahoo.com Isi Ougoing mail ………….. Dengan : smtp.mail.yahoo.com, klik next Account name : isi dengan Yahoo ID anda tanpa embel-embel, contoh : @yahoo.co.id (cukup yahoo ID nya saja). Contoh email address : denny_1701@yahoo.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya berarti Yahoo ID nya Denny_1701 Masukan password yahoo anda, dan checklist bagian remember password, klik Next dan Finish Pilih account yang baru saja anda buat, lalu klik properties, pilih tab Servers dan checklist bagian “My Server requires authentification” Klik OK (Done…)

Setting Outlook untuk Gmail

Aktifkan settingan POP di Gmail anda

Buka Outlook Express

Isi Incoming mail ……. Dengan : pop.gmail.com

Isi Outgoing mail ……. Dengan : smtp.gmail.com

Isi account name dengan alamat email lengkap dengan embel-embel @gmail.com contoh : _denny@gmail.comAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

Klik tool -> Accounts -> Mail. Pilih account anda lalu klik properties
Pilih bagian Advanced

Isi kolom outgoing …… (SMTP) = 465 dan checklist “This server ……. (SSL)

Isi kolom Incoming …… (POP3) = 995 dan checklist “This server ……. (SSL)

Pilih account yang baru saja anda buat, lalu klik properties. Pilih Tab “Servers” dan checklist bagian “My Servers requires authentication”
klik OK (Done ….)

Mudah-mudahan tutorial singkat ini bias memberi sedikit pencerahan kepada rekan-rekan yang tertarik mempelajari seputar mail client seperti Outlook Express. Terima kasih dan Selamat mencoba.

sumber intranet infratel

Pengetahuan Dasar Untuk Menjadi Web Designer

Ditulis Oleh Denny Andhika Tuesday, 18 September 2007

Website merupakan media yang paling mudah dan cepat dalam mempublikasikan organisasi, pribadi dan perusahaan. Media ini menjadi sangat favourite saat ini karena dengan cepat akan menjadi berguna ataupun malah sebaliknya. Website menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari citra perusahaan sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menentukan desain maupun isinya.
Dalam pembangunannya dibutuhkan beberapa pengetahuan/keterampilan standar sehingga website yang dihasilkan menaikkan citra perusahaan. Tulisan ini sebagai dasar bagi pemula untuk berani memulai membangun website dan memulai memasuki cakrawala baru yang dapat meningkatkan ketrampilan dan pendapatan anda.

Untuk memulainya, anda harus mengetahui dan menguasai beberapa pengetahuan/software diantaranya:

Perencanaan website

Proses ini merupakan awal dalam merencanakan halaman web dan seluruh web. Dimulai dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi kemudian hasil akhirnya adalah sebuah “sitemap” lalu dimulai dengan merancang tata letak (layout) halaman, biasanya dilakukan mendesain tata letak halaman depan dan halaman kedua. Dalam mendesain halaman ini beberapa komponen penting biasanya masuk adalah navigasi, content, rencana letak image, copyright (bagian footer), komponen website dan hal lain yang dianggap perlu. Software yang biasa digunakan adalah: Microsoft Visio dan penulis sendiri menggunakan ConceptDraw Webwave (http://www.conceptdraw.com/).

Desain Halaman Web Dasar

Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain website. Banyak sekali resource gratis yang bisa anda temukan di website khususnya belajar photoshop untuk website, anda bisa mencarinya di search engine dengan keyword “tutorial photoshop for web”. Untuk memudahkan anda mendesain web ini, penulis telah menyediakan sebuah web yakni http://www.dokumenkerja.com/, anda tinggal download dan modifikasi tampilan website yang anda inginkan.

Desain Halaman Web Lanjutan

Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver. Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. Seperti juga Photoshop untuk mempelajari Dreamweaver tersedia banyak sekali tutorial gratis. Jika anda ingin cepat mudah silahkan saja mencari buku tentang Dreamwever ini toko buku.
Membuat Video, Flash, Shockwave dan Audio

Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuat video, flash, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih apik dan powerful. Gabungan beberapa komponen ini kita sebut dengan animasi web dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.Demikian beberapa kebutuhan dasar keahlian/keterampilan yang mesti dimiliki untuk menjadi desainer web/webmaster, dan untuk menjadi ahli diperlukan latihan-latihan dan beranikan diri untuk mendapatkan project-project riil dalam membangun website.Selamat mencoba.

sumber : intranet infratel

Tutorial LAN (Lokal Area Network) Untuk Pemula

Ditulis Oleh Warto Adi Nugraha Sunday, 09 December 2007

Local area network adalah hubungan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu ruang atau gedung tertentu. Dengan Local area network maka kita dapat berbagipakai sumber daya komputer antara seorang user dengan user lain. Selain itu dapat juga untuk sharing (berbagi pakai) dokumen pekerjaan dengan user lain. Kita dapat membuka file atau dokumen tanpa harus duduk didepan komputer dimana dokumen tersebut disimpan. Pendek kata dengan adanya local area network maka akan mempercepat proses pertukaran dokumen dan menaikkan kinerja suatu perusahaan.

Namun dengan adanya local area network ini juga membuka peluang untuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan terhadap dokumen yang di share sehingga menimbulkan kerawaan terhadap dokumen-dokumen yang bersifat rahasia dibuka oleh user yang tidak berhak. Dalam rangka ini sistem windows telah menyediakan fasilitas dalam rangka untuk memproteksi data dan informasi tidak terjadi penyimpangan. Namun terjadi dan tidaknya penyimpangan akan kembali lagi kepada user maupun administrator bisakan dia bertanggungjawab terhadap pekerjaannya.

LOGIN KE JARINGAN

Login adalah proses yang dilakukan untuk masuk ke dalam jaringan komputer. Ada dua macam login yang pertama adalah Jika komputer baru pertama dihidupkan maka jendela yang pertama muncul adalah jendela login. Yang kedua adalah login untuk berganti user.
Langkah langkah login:
Nyalakan komputer dan anda tunggu sampai jendela login yang pertama muncul.Klik pada login yang Guest.Tunggu sampai muncul jendela desktop. Jika sidah muncul maka proses login sudah berhasil.

MENGUBAH LOGIN

Klik tombol start à logg off . maka akan muncul konfirmasi seperti berikut :jawablah dengan menekan tombol Log Off.Tunggulalh beberapa saat sampai muncul jendela daftar user.Klik pada login sesuai dengan nomor komputer masing-masing misalnya WS01, WS02, WS03 dan seterusnya.Isikan password pada kotak dialog password.Anda tunggu beberapa saat sampai muncul jendela desktop. Jika sudah muncul maka proses login sudah berhasil. SELAMAT DAN SUKSES!! MENJELAJAH JARINGAN

Untuk menjelajah jaringan komputer kita membutuhkan program dengan nama windows Explorer.
Untuk membuka program tersebut ikuti langkah-langkah berikut ini:

Klik tombol start à All Program à Accessories àWindows Explorer. Dalam sekejap maka akan muncul jendela Windows Explorer dihadapan anda.jendela windows Explorer terbagi menjadi dua yaitu jendela sebelah kiri menampilkan susunan hirarki folder dan bagian sebelah kanan menampilkan isi dari folder atau drive yang sedang aktif.Carilah dan klik folder my network places yang terdapat pada jendela sebelah kiri. Maka akan muncul daftar folder atau drive yang di share. Klik tanda plus yang terdapat di sebelah kiri pada entire network. Maka akan muncul sub folder dibawahnya yaitu Microsoft Windows Network.Klik tanda plus yang terdapat di sebelah kiri pada Microsoft Windows Network. Maka akan muncul domain atau group jaringan yang sedang aktif yaitu domain labkom dan domain server.Klik pada tanda plus yang terdapat di sebelah kiri pada domain labkom. Maka akan muncul daftar komputer yang sedang aktif di jaringan misalnya ada ws01,ws02,ws03 dan seterusnya.klik tanda plus yang terdapat disebelah kiri pada ws (work station) yang ingin anda kunjungi. Ketika di klik maka anda akan melihat daftar folder yang di share. Dari folder-folder tersebut anda dapat melihat isinya.

gambar diatas adalah contoh dalam melakukan browsing (menjelajah) jaringan. SHARING FILE DAN FOLDERAgar data folder dan dokumen kita dapat diakses dari komputer lain maka kita harus melakukan sharing folder. Berikut ini adalah cara untuk melakukan sharing folder :

Cari dan aktifkan folder yang akan kita share yang terdapat di drive d:\Klik menu File à Properties. klik pada tab sharing yang terdapat pada bagian atas kotak dialog. Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut :klik pada check box share this folder on the network.Ketikkan nama share yang diinginkan pada share name yang terdapat dibawahnya.Aktifkan check box “Allow network user to change my files”Klik OK. Anda perhatikan maka folder yang dishare akan berganti icon menjadi “folder shared”.

MAPPING NETWORK DRIVE

Mapping network drive adalah suatu cara untuk membuat drvie maya yang bersumber dari komputer lain dalam jaringan. Misalnya anda lihat sekarang drive yang terdapat pada komputer anda adalah drive a:\, drive C:\, Drive D:\ dan Drive E:\. Kita akanmenambahkan drive maya yang baru dengan nama drive F:\. Kita dapat membuat lebih dari satu apping drive. Keuntubngan dari maping disini adalah kita akan lebih cepat untuk megakses suatu folder yang terdapat dalam jaringan dan folder kita akan dianggap sebagai drive pada komputer yang bersangkutan.
Berikut ini adalah cara untuk mapping drive :

Cari dan aktifkan folder yang akan di mapping dalam jaringan. Misalnya folder file pendukung yang terdapat pada komputer ws02.Klik kanan pada folder tersebut lalu pilih menu Map network drive.... anda perhatikan maka akan muncul kotak dialog seperti berikut :klik pada combo box name untuk memberi nama drive. Misalnya F, G, H dan seterusnya.Klik tombol Finish.

MENONAKTIFKAN SHARED FOLDER

Klik folder yang sudah di share pada komputer masing-masingKlik menu file à properties.Aktifkan tab sharingHilangkan tanda centang pada kotak dialog share and security seperti berikut :klik tombol OK.

MENONAKTIFKAN MAPPING NETWORK DRIVE

Cari dan aktifkan drive yang di mappingKlik kanan pada drive tersebtu lalu pilih menu disconect.

sumber :intranet infratel