Kamis, 03 April 2008

Buka Gmail dan Yahoo! mail di Outlook Express

Ditulis Oleh Denny Andhika Wednesday, 19 September 2007

Anda pasti pernah dengar tentang Outlook Express, sebuah program email client dari Microsoft yang sangat terkenal khususnya di dunia perkantoran. Jika anda bekerja di sebuah perusahaan, hampir dapat di pastikan anda akan bergaul dengan software satu ini. Memang enak menggunakan Outlook Express untuk menerima dan mengirim email di rumah atau di kantor. Hanya seja kita perlu mengetahui konfigurasi POP Server dan SMTP Server dari email server yang kita gunakan, agar kita bisa mengeset di Outlook Express nantinya. Kalau untuk di kantor kita pasti mempunyai domain sendiri misalnya : d_andhika@telkom.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya , tentunya sudah bukan masalah lagi, karena sudah tersedia informasi seputar POP Server, SMTP Server yang bisa kita gunakan untuk melakukan setting di Outlook, lagipula biasanya sudah di handle oleh orang IT nya.

Cara ini dapat anda lakukan jika mempunyai koneksi ke Internet (via NAT atau proxy dengan port SMTP dan POP3 yang terbuka)

Setting Outlook untuk Yahoo! Mail

Pastikan account anda adalah yahoo local contoh : denny_1701@yahoo.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya (penting), bukan yang yahoo.com, karena yang yahoo.com masih memerlukan tambahan software lagi sebagai gateway nya namanya YPops.
Langkah – langkahnya :

Login ke yahoo mail anda, klik “Opsi” yang ada di pojok kanan atas, klik “akses penerusan surat”. checklist bagian “Akses Web & Pop”, klik “simpan” Buka Outlook :

Klik tool

Accounts

Mail lalu klik Add

Mail untuk membuat account Masukan nama anda, nama ini akan digunakan sebagai nama pengirim di setiap email yang anda kirim Masukan alamat email yahoo anda Isi incoming mail …………. Dengan : pop.mail.yahoo.com Isi Ougoing mail ………….. Dengan : smtp.mail.yahoo.com, klik next Account name : isi dengan Yahoo ID anda tanpa embel-embel, contoh : @yahoo.co.id (cukup yahoo ID nya saja). Contoh email address : denny_1701@yahoo.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya berarti Yahoo ID nya Denny_1701 Masukan password yahoo anda, dan checklist bagian remember password, klik Next dan Finish Pilih account yang baru saja anda buat, lalu klik properties, pilih tab Servers dan checklist bagian “My Server requires authentification” Klik OK (Done…)

Setting Outlook untuk Gmail

Aktifkan settingan POP di Gmail anda

Buka Outlook Express

Isi Incoming mail ……. Dengan : pop.gmail.com

Isi Outgoing mail ……. Dengan : smtp.gmail.com

Isi account name dengan alamat email lengkap dengan embel-embel @gmail.com contoh : _denny@gmail.comAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

Klik tool -> Accounts -> Mail. Pilih account anda lalu klik properties
Pilih bagian Advanced

Isi kolom outgoing …… (SMTP) = 465 dan checklist “This server ……. (SSL)

Isi kolom Incoming …… (POP3) = 995 dan checklist “This server ……. (SSL)

Pilih account yang baru saja anda buat, lalu klik properties. Pilih Tab “Servers” dan checklist bagian “My Servers requires authentication”
klik OK (Done ….)

Mudah-mudahan tutorial singkat ini bias memberi sedikit pencerahan kepada rekan-rekan yang tertarik mempelajari seputar mail client seperti Outlook Express. Terima kasih dan Selamat mencoba.

sumber intranet infratel

Tidak ada komentar: