Kamis, 03 April 2008

USB 3.0

Selamat tinggal USB 1.1 dan USB 2.0, karena kini telah diperkenalkan ke publik USB 3.0. Ini adalah generasi lanjutan dari USB 2.0 yang beredar di pasar selama tiga tahun belakangan ini.
USB 3.0 diperkenalkan ke publik untuk pertama kalinya pada (7/1) lalu, bersamaan dengan pameran Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas.

SuperSpeed USB menjadi sebutan untuk USB 3.0 ini, yang menjadi versi mendatang dari Universal Serial Bus yang didesain ulang untuk era HD. Sebutan SuperSpeed USB berasal dari kecepatannya dalam mengirim data yang mampu mentransfer hingga 10 kali dari batas kecepatan USB sekarang ini. USB 2.0 memiliki kecepatan 480 MB per detik, sedangkan USB 3.0 mampu mengantar data dengan kecepatan 4,7 GB per detik.

USB 3.0 memiliki konektor yang berbeda dengan USB 1.1 dan USB 2.0, tetapi pemilik komputer tak perlu mengganti konektor USB-nya. Karena telah disediakan pin tambahan yang bisa dipasang di sisi belakang konektor sehingga konektor pada komputer akan kompatibel untuk USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0 sekaligus.

Tapi anda harus bersabar karena USB 3.0 SuperSpeed ini, diprediksikan baru akan dirilis ke pasar pada pertengahan tahun nanti.

Sumber: Kampong Online Project

Tidak ada komentar: